Destinasi Wisata Menarik Kutai Kertanegara

Seakan tidak ada habisnya tempat wisata di Indonesia, berikut ini adalah destinasi wisata yang patut dikunjungi di Kutai Kertanegara

54 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur yang dikenal mempunyai tempat wisata menarik dan bersejarah. Berikut lima destinasi wisata menarik yang ada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman adalah salah satu museum yang paling terkenal di pulau Kalimantan. Museum ini memiliki kurang lebih 5.373 koleksi benda bersejarah yang terbagi ke dalam berbagai jenis. Koleksi benda bersejarah itu meliputi patung-patung dan benda bersejarah, perabotan kuno, kamar tidur dengan hiasan kain ‘doyo’ tenunan tangan serta barang-barang dari dinasti Ming, Qing, dan Yuan. Di Museum Mulawarman ini pengunjung juga dapat melihat teater boneka Bali yang disumbangkan oleh Sultan Yogyakarta. Lokasi museum ini berada di Jalan Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Letaknya juga cukup strategis karena dekat dengan Sungai Mahakam. Harga tiket masuk ke Museum Mulawarman yaitu Rp 2.500 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Taman Kota Raja Tenggarong

Pengunjung dapat mengunhungi Taman Kota Raja Tenggarong ini setiap hari dan buka selama 24 jam. Harga tiket masuk yang ditawarkan tempat wisata ini adalah Rp 10.000 per orang. Taman Kota Raja Tenggarong mempunyai fasilitas yang mirip dengan menara payung seperti di Arab dan latar belakang Jembatan Kartanegara yang letaknya berada di atas Sungai Mahakam. Pengunjung lebih sering terlihat piknik bersama keluarga saat mengujungi taman kota ini. Taman kota ini berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 16, Timbau, Tenggarong, Kutai Negara, Kalimantan Timur.

Ladang Budaya

Ladang Budaya atau biasa disebut Ladaya merupakan tempat wisata yang memiliki kebun binatang mini dengan beberapa koleksi binatang khas Kalimantan Timur, diantaranya Burung Enggang, Beruang Madu, Uwa-Uwa serta Burung Merak. Selain itu, pengunjung dapat berfoto di beberapa spot foto menarik yang sudah disediakan di Ladang Buaya ini. Ladaya terletak di Jalan H. Bachrin Seman, RT.12, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Harga tiket masuk yaitu Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Tempat wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 18.00.

Pulau Kumala

Pulau Kumala merupakan tempat wisata di Sungai Mahakam yang memanjang hingga ke sebelah barat Kota Tenggarong. Letak Pulau Kumala yaitu berada di tengah Sungai Mahakam dan bentuknya menyerupai pulau kecil. Pulau ini menyediakan fasilitas umum berupa sky tower yang dibangun setinggi 100 meter untuk memudahkan pengunjung melihat kota dari ketinggian.
Selain itu, di pulau ini juga terdapat kereta api mini, area permainan anak-anak dan kereta gantung.

Wisata Bukit Biru

Wisata Bukit Biru adalah salah satu tujuan wisata alam yang terkenal di kalangan masyarakat Kutai Kartanegara. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Wisata Bukit Biru adalah sore hari sambil menikmati pemandangan keindahan alam dan sunset. Lokasi wisata alam ini berada di Jalan Pahlawan, Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Komentar kamu?