5 Tempat Wisata di Halmahera Timur

Haltim merupakan pemekaran dari Kabupaten Halmahera Tengah sejak tahun 2003. Ibukota Haltim adalah Maba.

86 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara. Haltim merupakan pemekaran dari Kabupaten Halmahera Tengah sejak tahun 2003. Ibukota Haltim adalah Maba. Haltim dulunya pernah menjadi basis perjuangan Sultan Nuku dari Kesultanan Tidore untuk melawan Belanda. Pada masa perjuangan tersebut, Maba menjadi salah satu pusatnya. Hal tersebut terbukti dengan adanya desa yang bernama Soa Gimalaha dan Soa Sangaji. Gimalaha dan Sangaji merupakan nama jabatan dalam struktur pemerintahan Kesultanan Tidore.

 

Selain itu, pada zaman Perang Dunia II, haltim juga merupakan salah satu pos pasukan Jepang sehingga hingga saat ini Anda masih bisa menemukan benda bersejarah tersebut. Haltim bukan hanya terkenal dengan wisata sejarah saja, namun memiliki beragam wisata alam dan bahari yang akan membuat Anda tertarik untuk menjelajahi Halmahera Timur. Pemerintah Daerah setempat juga mengadakan Festival Juanga yang menampilkan seni dan budaya setempat untuk membuat liburan Anda di Haltim semakin berkesan.

Berbagai Objek Wisata Halmahera Timur adalah sebagai berikut:

Air Terjun Tiga Bidadari

Air Terjun Tiga Bidadari sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini dinamakan “tiga bidadari” karena konon menurut cerita yang beredar di tengah masyarakat, dulu ada perempuan cantik yang berambut panjang dari kayangan mandi disana.

Pantai Jara-jara

Pantai Jara-jara yang berada di Tanjung Jara-jara, Desa Jarajara, Kecamatan Maba Utara menawarkan pantai pasir putih yang panjang dan halus. Di perairan jara-jara kaya dengan biota laut dan terumbu karang yang luas. Pantai ini dapat ditempuh melalui 2 jalur, yaitu: naik speedboad dari Buli sekitar 3 jam atau naik kapal penumpang dengan perjalanan sekitar 6 jam (kapal ini hanya tersedia 4 kali seminggu).

Air Terjun Lembah Ayu

Air terjun ini berada di Desa Buli, Kecamatan Maba. Air terjun ini dengan ketinggian sekitar 10 meter merupakan pemandangan yang sangat indah dan masih alami. Untuk mencapai air terjun ini bisa ditempuh dengan mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat sekitar 25 menit kemudian dilanjutkan dengan trekking.

Pulau To

Pulau To adalah pulau kecil yang tidak berpenghuni namun memiliki keindahan tersendiri. Pemerintah daerah setempat juga membangun pondok kecil bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Pulau To berada di Teluk Buli, kecamatan Maba Selatan. Akses terdekat ke Pulau ini adalah dari pelabuhan Buli.

Pulau Plum

Pulau Plum (Pulau Tengah) yang sering disebut juga “Pulau Plun” adalah pulau yang sangat indah dengan luas sekitar 19,27 Hektar dan memiliki taman laut yang luar biasa indah. Bagi para penyuka diving dan snorkeling, tentunya tempat ini harus masuk ke dalam daftar pribadimu yang wajib dikunjungi.

Komentar kamu?