4 Air Terjun Terindah di Sekadau

Konon katanya kabupaten Sekadau ini adalah Jantung dari Indonesia karena letaknya yang persis berada di Jantung Indonesia. Karena posisi yang sangat strategis inilah, kabupaten Sekadau dilimpahi kekayaan alam yang berlimpah dan telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat untuk dijadikan destinasi wisata yang menarik.

53 views
0

WartaWisata.ID – Jika berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa juga mampir ke Kabupaten Sekadau. Konon katanya kabupaten Sekadau ini adalah Jantung dari Indonesia karena letaknya yang persis berada di Jantung Indonesia. Karena posisi yang sangat strategis inilah, kabupaten Sekadau dilimpahi kekayaan alam yang berlimpah dan telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat untuk dijadikan destinasi wisata yang menarik.

Berikut 5 rangkuman WartaWisata.ID air terjun elok, yang di rangkum dari berbagai macam sumber.

Gurung Sumpit

Air Terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter ini berlokasi di Desa Sumpit-Belitang Hilir-Sekadau-Kalimantan Barat. Untuk sampai kesana kamu harus menempuh jarak sekitar 15 km dari ibukota kecamatan belitang hilir dan jangan lupa siapkan uang untuk membayar tiket masuk serta biaya parkir kendaraanmu.

Tarif masuknya cukup murah kok, hanya 5000 rupiah untuk tiket masuk dan 5000 rupiah untuk parkir Yang menarik dari air terjun gurung sumpit ialah adanya goa bernama Goa Ratu Kudung. Kabarnya, goa ini adalah tempat bertapa Ratu Kudung dari Kerajaan Sekadau dan menurut kepercayaan masyarakat setempat Goa Ratu Kudung memilki terowongan yang bisa tembus ke Goa Lawang Kuari.

Sirin Punti

Mengapa tempat wisata ini menjadi salah satu yang menarik minat wisatawan ? hal ini karena panorama yang disuguhkan begitu indah. Memiliki udara yang masih bersih dan segar dan dikelilingi dengan pepohonan serta air terjun yang deras.

Dengan demikian, tempat wisata ini menjadi lokasi yang pas sekali untuk wisatawan yang ingin mendapatkan rasa rileks dan kenyamanan serta ketenangan dari hiruk-pikuk padatnya aktivitas di kota. Lokasi wisata yang letaknya di dalam hutan menjadi sebuah tantangan bagi para wisatawan yang suka dengan pertualangan.

Semirah Merambang

Air terjun Semirah Merambang terdapat di Dusun Belandong Desa Tintin Boyok Kecamatan Sekadau Hulu ( Rawak ). Yang terletak kurang lebih 20 Km dari ibu kota Kabupaten Sekadau.
Ketinggian air terjun ini 80 meter, dan mempunyai tujuh tingkatan. Menurut tetua adat masyarakat setempat, air terjun ini mempunyai cerita tersendiri.

Ternyata air terjun semirah merambang ini terbagi menjadi dua bagian loh, ada air terjun semirah merambang dan semirah putih. Kata semirah, menurut Bahasa setempat berarti merah. Tidak ada biaya apapun yang kamu butuhkan untuk masuk ke kawasan wisata ini.

Air Terjun Cuci Kain

Mungkin nama air terjun ini terdengar lucu bagi kamu. Namun ternyata ada kisah menarik di balik nama tersebut. Yaitu kisah tentang seorang gadis berambut panjang yang mencuci kain di air terjun tersebut dan menarik perhatian banyak lelaki. Namun gadis pencuci kain itupun kemudian hilang bersama salah satu lelaki yang menyapanya. Di balik kisah misteriusnya, air terjun cuci kain ini tetap memiliki pesona yang luar biasa. Tambahkan lagi jarang ada orang yang mengetahui tentang objek wisata yang satu ini, sehingga kamu akan leluasa menikmati keindahannya. Air terjun ini terletak di Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau.

Komentar kamu?