3 Pesona Wisata Alam Kabupaten Kayong Utara

semenjak diadakannya beberapa event di tahun tahun sebelumnya, kabupaten ini baru mulai diketahui banyak orang.

60 views
0

WartaWisata.ID – Kayong Utara merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Nampaknya masyarakat pun banyak yang belum mengenal Kayong Utara dan sepertinya memang wajar karena kabupaten ini sendiri pun keberadaannya masih tergolong baru. Namun demikian, semenjak diadakannya beberapa event di tahun tahun sebelumnya, kabupaten ini baru mulai diketahui banyak orang.

jika kalian penasaran dengan kabupaten yang menyimpan dengan berbagai macam pesona keindahan alam. Nih rangkuman WartaWisata.ID 3 Destinasi Keren kayong Utara, ketika kalian berkunjung kesana.

Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) adalah sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, sekitar 30 menit penerbangan dari Pontianak. Luas taman nasional ini adalah 90.000 hektar, yang terbentang di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

TNGP mempunyai ekosistem yang dikatakan sebagai yang terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Di kawasannya terdapat Gunung Palung yang mempunyai ketinggian 1.116 meter. Selain itu, TNGP juga adalah habitat bagi sekira 2.200 ekor orangutan. Bekantan adalah mamalia dengan jumlah terbesar di TNGP.

Gunung Batu Daya

Pemandangan luar biasa terdapat di tempat wisata Bukit Batu Daya ini. Bukit yang masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Palung ini memiliki bentuk yang unik yakni seperti gantang atau sebagian orang menganggapnya berbentuk seperti punuk untaPemandangan luar biasa terdapat di tempat wisata Bukit Batu Daya ini.

Gunung Batu Daya adalah gunung yang berada di Ketapang, Kalimantan Barat. Gunung ini adalah sebuah batu raksasa dan bukan seperti gunung pada umumnya yang berteksturkan tanah melainkan seluruhnya adalah batu. Gunung ini berdekatan dengan salah satu aset alam yang berharga lainnya di Kalimantan Barat, yakni Gunung Palung. Dan sama-sama masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Bukit yang masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Palung ini memiliki bentuk yang unik yakni seperti gantang atau sebagian orang menganggapnya berbentuk seperti punuk unta.

Kepulauan Karimata

Menikmati wisata laut di tanah Kayong Utara juga bisa yakni dengan mengunjungi Kepulauan Karimata. Bagi penyuka olahraga menyelam kepulauan ini memiliki spot diving dengan panorama bawah laut yang eksotis dengan terumbuh karang yang masih sangat terjaga.

Kepulauan Karimata yang terletak di Kecamatan Kepulaun Karimata Kabupaten Kayong Utara simpan sejuta keindahan bawah laut yang sangat memanjakan mata. Hamparan karang dengan berbagai jenis ikan karang tentu tidak sulit untuk ditemui bila melakukan penyelaman dibawah laut Karimata ini.

Ditunjuknya Kabupaten Kayong Utara sebagai tuan rumah Sail Selat Karimata pada 2016 yang lalu tentu menjadi momentum yang tepat bagi pemerintah daerah untuk mengenalkan kepada dunia luar destinasi bahari yang dimiliki Kayong Utara.

Komentar kamu?