Wisata Memukau di Teluk Bintuni

Kabupaten yang ibukotanya di Kota Bintuni ini memang bukan kota wisata karena potensi daerahnya ada pada sektor, pertambangan, pertanian dan perikanan.Meski demikian, keindahan alam yang dimiliki Teluk Bintuni tidak dapat dipandang sebelah mata.

67 views
0

WartaWisata.ID – Teluk Bintuni adalah nama sebuah kabupaten di Papua Barat dengan luas 20.840 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 76.932 jiwa. Kabupaten yang ibukotanya di Kota Bintuni ini memang bukan kota wisata karena potensi daerahnya ada pada sektor, pertambangan, pertanian dan perikanan.


Meski demikian, keindahan alam yang dimiliki Teluk Bintuni tidak dapat dipandang sebelah mata. Jika sektor pariwisata prosentasenya masih kecil dalam menyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah), hal tersebut lebih disebabkan karena lokasi kabupaten ini yang jauh serta belum dikelola secara maksimal.
Diantara sekian banyak objek wisata yang ada, inilah tempat-tempat wisata yang memukau di Teluk Bintuni.

Cagar Alam Teluk Bintuni

Berlokasi di sebelah Timur kawasan perairan Teluk Bintuni, kawasan cagar alam ini menempati areal seluas 124.850 hektar yang 90 persennya merupakan areal hutan mangrove. Luasnya hutan mangrove itulah yang membuat Cagar Alam Teluk Bintuni memiliki peranan penting sebagai penyangga kegiatan dan industri perikanan serta udang.
Selain itu cagar alam ini juga menjadi rumah bagi buaya muara, 39 jenis mamalia, 17 marsupial dan 160 jenis burung. Itu sebabnya, traveller yang menyukai wisata adventure, wajib berkunjung ke lokasi cagar alam ini saat menginjakkan kaki di Teluk Bintuni.

Air Terjun Botai

Airnya yang jernih ditambah batu-batu kali yang berserakan di sana-sini, membuat pemandangan yang disuguhkan Air Terjun Botai terasa menyejukkan mata. Apalagi kondisi alam di sekelilingnya masih sangat alami karena jarangnya wisatawan yang berkunjung ke sini.
Sayangnya untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini tidaklah mudah. Wisatawan harus menuju ke Kampung Botai yang berada di Distrik Manimeri dengan menempuh perjalanan yang cukup jauh sekitar 45 km dari Kota Bintuni dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar jam.

Taman Kota Bintuni

Melepaskan penat tanpa harus mengeluarkan biaya saat berada di Bintuni dapat dilakukan dengan berkunjung ke Taman Kota Bintuni. Ruang terbuka hijau ini cukup nyaman untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi murah bersama keluarga karena suasananya yang sejuk dan asri oleh pohon-pohon besar, serta dilengkapi gazebo-gazebo untuk tempat beristirahat serta patung-patung dengan berbagai bentuk.
Sama halnya dengan ruang terbuka hijau yang ada di kota-kota yang lain, di sekitar Taman Kota Bintuni juga banyak ditemui warung-warung dan penjaja berbagai jenis makanan, sehingga tempat ini sangat pas untuk berburu kuliner lokal khas Teluk Bintuni.

Komentar kamu?