Tempat Wisata Melawi Asik

Kondisi topografi Kabupaten Melawi lebih dari 80 persen berisi perbukitan serta terdapat beberapa gunung. Lalu apa saja objek wisata yang ada di kabupaten ini?

64 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Melawi atau yang dulu disebut Melawei terletak di Provinsi Kalimantan Barat dan wilayahnya memiliki tiga sungai yang membentang luas, yakni Sungai Kayan, Sungai melawi dan Sungai Pinoh. Kondisi topografi Kabupaten Melawi lebih dari 80 persen berisi perbukitan serta terdapat beberapa gunung.

Lalu, apa saja obyek wisata di kabupaten ini yang bisa dikunjungi? Berikut rangkumannya.

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya adalah kawasan konservasi sekaligus taman nasional. Kawasan hutan Bukit Baka-Bukit Raya terdiri dari hutan hujan tropika pegunungan. Keindahan taman nasional ini tidak perlu diragukan lagi.

Air Terjun Kumpang Arang

Salah satu obyek wisata yang ada di Melawi adalah Air Terjun Kumpang Arang. Bila ingin berwisata air sambil menikmati keindahan dan sejuknya hutan, air terjun ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Danau Sentarum

Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Danau ini menjadi salah satu situs ramsar di dunia atas lokasi lahan basah paling dilindungi karena keanekaragaman hayati di dalamnya. Danau Sentarum diapit oleh pegunungan-pegunungan besar di Kalimantan, yakni Pegunungan Lanjak, Pegunungan Muler, Dataran Tinggi Madi, dan Pegunungan Kalingkang. Keindahan danau ini akan membuat semua orang yang datang takjub dan terpesona karena layaknya surga.

Gunung Kelam

Di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat terdapat banyak pegunungan yang membentang, salah satunya adalah Gunung Kelam. Gunung ini cocok bagi wisatawan yang berjiwa petualang.

Komentar kamu?