Tempat Wisata Kota Tidore Kepulauan

kota ini menyimpan banyak potensi wisata yang tak bisa Inspirator lewatkan. Ada wisata apa saja disana? Check it out!

55 views
0

WartaWisata.ID – Kota yang pernah menggelar Festival Tidore 2017 ini dicanangkan menjadi museum maritim dunia! Wow! Dengan demikian, kota ini menyimpan banyak potensi wisata yang tak bisa Inspirator lewatkan. Ada wisata apa saja disana? Yuk simak ulasannya.

Festival Tidore & Museum Maritim Dunia

Kota Tidore merupakan salah satu kota di Maluku Utara yang sudah terkenal sejak zaman dahulu karena komoditas rempah-rempahnya yaitu Cengkeh dan Pala. Kota yang pernah diperebutkan oleh bangsa Eropa dan Belanda ini baru saja menggelar festival Tidore 2017. Acara ini menghadirkan ratusan perahu Juanga dan kawalan perahu Kora-kora alias Armada Perang yang mengiringi Sultan Tidore Husain Sjah. Dalam acara ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore, Kepulauan Maluku me-launching Museum Maritim dunia.

Pulau Maitara

Pernah lihat gambar uang pecahan Rp. 1.000? Pasti tahu dong dengan pemandangan gunungnya yang keren. Namanya Pulau Maitara. Pulau yang berada di dekat pulau Tidore ini juga menawarkan keindahan bawah laut dan pantai pasir putih.

Puncak Gunung Kie Matubu

Kie Matubu atau yang sering disebut sebagai Gunung Tidore merupakan gunung tertinggi di Maluku Utara. Dengan ketinggian 1730 mdpl diatas permukaan laut, puncak gunung ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Dari atas puncak gunung ini, Inspirator akan disuguhkan beberapa pemandangan pulau disekitar Tidore dan kota Tidore.

Benteng Tore dan Tahula

Pulau yang kaya akan rempah-rempah ini dulunya pernah dikuasai oleh bangsa Portugis. Hal itu bisa dilihat dari beberapa peninggalan yang masih bisa dijumpai sampai saat ini. Salah satunya adalah Benteng Tore dan Tahula. Benteng ini berdekatan dan berada di dekat kota Saosi. Dari Benteng ini, Inspirator bisa melihat keindahan laut yang memisahkan Pulau Tidore dan Halmahare serta kota Saosi yang dibangun oleh Sebastiano De Elaco seorang pelaut Spanyol.

Rumah Lumba-Lumba di Pulau Mare

Tak hanya pemandangan alam yang menakjubkan, Inspirator juga bisa berkunjung ke rumah lumba-lumba di pulau Mare. Waktu terbaik untuk melihat atraksi tersebut adalah sekitar jam 6 WIT karena pada saat itu biasanya lumba-lumba baru bangun dan bersiap untuk melakukan aktivitas dan menari kesana-kemari.

Komentar kamu?