Surga Terpendam di Ujung Kalimantan

Kabupaten yang berada di ekor Pulau Kalimantan ini ternyata memiliki destinasi wisata alam yang begitu memesona. Seiring mudahnya akses dan fasilitas lainnya, sektor wisata di Kabupaten Sambas pun kian menggeliat.

67 views
0

WartaWisata.ID – Banyak yang belum menyadari ada surga tersembunyi di ujung Pulau Kalimantan. Kabupaten Sambas namanya. Kabupaten yang berada di ekor Pulau Kalimantan ini ternyata memiliki destinasi wisata alam yang begitu memesona.

Seiring mudahnya akses dan fasilitas lainnya, sektor wisata di Kabupaten Sambas pun kian menggeliat. Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa indahnya Kabupaten Sambas, yuk intip deretan wisata alam di Sambas berikut ini.

Pantai Selimpai

Pantai Selimpai sebenarnya merupakan kawasan konservasi yang bernama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Hamparan pasir putih yang indah sepanjang Selimpai adalah salah satu tempat penyu laut untuk bertelur. Karena keindahan pantainya, tak sedikit yang memanfaatkannya sebagai lokasi berkemah.

Danau Sebedang

Tak jauh dari kota Sambas, ada juga danau yang masih alami dan eksotis. Danau Sebedang namanya. Danau ini terbilang istimewa, karena kondisi airnya yang masih bening dan pemandangan sekitarnya yang indah. Danau Sebedang sendiri dikelilingi perbukitan hijau, membuat sekitarnya nampak asri dan membuat tentram saat memandangnya.

Pantai Polaria

Pantai menawan bernama Polaria ini berlokasi di Desa Sungai Rusa, Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas. Salah satu keunikannya yakni pasir putih dengan banyak batu granit besar, seperti tercecer di sepanjang bibir pantai. Saking indahnya, tempat ini kerap dipilih menjadi lokasi syuting film lokal Kalimantan Barat, hingga popularitasnya terus naik. Seiring semakin mudahnya akses menuju pantai ini, geliat wisata pun turut meningkat.

Temajuk

Pantai-pantai di Belitung terkenal unik, karena perpaduan pasir putih halus dan batu-batu granit yang membentuk aneka rupa. Ternyata gak cuma Belitung saja lho yang punya keindahan seperti itu. Di Temajuk, Kecamatan Paloh juga memiliki pemandangan serupa.Pantai-pantai di wilayah Temajuk ini dihiasi pasir merah dengan banyak batu-batu granit. Selain itu, pantai-pantai Temajuk juga merupakan tempat bertelurnya penyu laut. Hewan ini dilindungi dan wisatawan harus meminta izin untuk melihatnya. Jika berkunjung pada Maret atau April, kamu bisa melihat nelayan Temajuk panen ubur-ubur.

Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu berada di Pemangkat, Kabupaten Sambas. Pantai di sini berbentuk seperti tanjung bentukan alam dan terdiri dari bukit berbatu yang menjorok ke laut dengan ketinggian sekitar 80 meter.Pantai yang berjarak sekitar 47 kilometer dari pusat Kota Kabupaten Sambas ini dilengkapi dengan adanya gunung yang berfungsi sebagai benteng alam. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam melalui gunung ini.

Pantai Putri Serayi

Pantai ini terletak di Kecamatan Jawai Selatan. Keunikan pantai ini adalah terdapat hamparan batu berlatar belakang sebuah bukit, bernama Bukit Raya. Selain itu, Pantai Putri Serayi memiliki hamparan pasir putih sepanjang tiga kilometer, serta menghadap ke arah laut Natuna. Tak hanya itu, Pantai Putri Serayi juga dikelilingi banyak pohon kelapa yang rindang.

Gunung Selindung

Gunung Selindung terletak di Kecamatan Salatiga, Kabupaten Sambas. Gunung ini menyimpan kekayaan alam yang berlimpah, baik flora maupun fauna. Pohon-pohon terhampar luas dan memanjakan mata. Udaranya pun segar dan sejuk. Kamu juga bisa menemukan air terjun dengan pemandangan yang tak kalah memesona di sini.

Tanjung Dato

Tanjung Dato berlokasi di Desa Tamajo, Kecamatan Paloh, atau sekitar 85 kilometer dari Kota Sambas. Seiring akses jalan yang mulai diperbaiki, Tanjung Dato’ pun menjadi tempat wisata yang kini mulai ramai di kunjungi wisatawan lokal. Tanjung Dato’ sendiri merupakan spot wisata yang menjulang ke Laut China Selatan, di mana deburan ombak menjadi pemandangan utama. Menariknya lagi, kamu bisa menikmati matahari terbit dan terbenam yang indah di sini.

Komentar kamu?