Samudra Awan Rokan hulu, Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Pemandangan fenomenal ini mulai dikemas sebagai objek wisata baru oleh komunitas pencinta alam di Desa Aliantan Kecamatan Kabun, Rokan Hulu (Rohul). Lokasinya berjarak sekira 120 kilometer dari Kota Pekanbaru.

67 views
0

WartaWisata.ID – Menikmati gumpalan awan di puncak bukit tentu memberikan sensasi tersendiri. Fenomena alam itu terdapat di Bukit Suligi, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Keunikan gulungan gumpalan awan di Bukit Suligi itu disebut warga setempat sebagai samudra awan.

Pemandangan fenomenal ini mulai dikemas sebagai objek wisata baru oleh komunitas pencinta alam di Desa Aliantan Kecamatan Kabun, Rokan Hulu (Rohul). Lokasinya berjarak sekira 120 kilometer dari Kota Pekanbaru. Bukit Suligi merupakan deretan bukit yang ditetapkan pemerintah sebagai kawasan hutan lindung. Kawasan ini memiliki luas sekitar 33.000 hektare (Ha), yang hampir 80% atau 25.000 Ha di Rohul dan sisanya masuk wilayah Kabupaten Kampar.

Awan merupakan butiran air atau kristal yang mengelompok di atmosfer. Di Bukit Suligi awan tersebut sangat pekat dan besar hingga bisa menutupi hamparan hutan lindung hingga terlihat hanya puncaknya saja. Massa berwarna putih itu terus bergerak seperti gelombang ombak yang menggulung-gulung di pantai. Hal ini yang membuat warga setempat menyebutnya sebagai fenomena samudra awan.

Puncak Bukit Suligi dari Desa Aliantan merupakan tempat terbaik untuk melihat langsung samudra awan pada pagi hari karena merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 812 meter dari permukaan laut (mdpl).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman mengatakan sangat mendukung Bukit Suligi Desa Aliantan menjadi destinasi wisata baru dari Kabupaten Rohul. Ia menilai tempat tersebut menawarkan keindahan alam, petualangan dan keramahan warganya. Meski begitu, untuk menuju ke puncak yang memakan waktu hingga satu jam jalan kaki dan mendaki bukit di kemiringan 85% merupakan tantangan yang cukup membutuhkan kondisi fisik prima.

Sejak dibuka untuk umum pada 2016, Puncak Bukit Suligi dari Desa Aliantan sudah menyedot cukup banyak pengunjung dari daerah-daerah di Riau hingga Provinsi Sumatra Barat.

Komentar kamu?