Destinasi Cantik di Pegunungan Arfak

Raja Ampat memang menjadi tujuan destinasi wisata Papua, namun beberapa tempat wisata yang terdapat di Pegunungan Arfak ini wajib juga kamu kunjungi jika sedang berada di Papua.

58 views
0

WartaWisata.ID – Banyak tempat wisata di daerah Papua yang jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun, kini Papua mulai berbenah diri dengan banyak mempromosikan pariwisatanya. Tentunya, yang paling terkenal dari Papua itu adalah Raja Ampat. Namun, Papua nggak hanya itu aja karena masih ada yang lainnya, semisal Pegunungan Arfak, Manokwari. Di lokasi ini, tercatat ada beberapa tempat wisata yang mulai ditonjolkan oleh pemerintah setempat. Mulai dari wisata alam semacam danau, sampai dengan wisata melihat fauna tertentu ada di wilayah Pegunungan Arfak ini.

Dua Danau Indah Bernama Depan Anggi

Di atas Pegunungan Arfak, terdapat dua danau indah yang diberi nama depan Anggi. Danau yang dimaksud adalah Anggi Giji, dan Anggi Gida. Penamaan Anggi berasal dari distrik danau ini bernaung. Kedua danau ini disebut sepasang oleh penduduk setempat. Alasannya karena Danau Anggi Gida diibaratkan penduduk setempat sebagai danau perempuan, sedangkan Anggi Giji sebagai Danau Lelaki. Anggi Giji terletak pada ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut, sedangkan Anggi Gida berada pada ketinggian 1750. Jarak tempuh dari Kota Manokwari ke kedua lokasi ini adalah 100-110 km dengan waktu tempu sekitar 4-5 jam.

Kedua Danau Anggi Gida dan Anggi Giji yang sepasang nggak hanya bisa dinikmati dari dekat saja, namun juga bisa dinikmati dari kejauhan. Lokasi yang paling cocok untuk menikmatinya adalah Bukit Kobrey. Di bukit ini hamparan rumput hijau membentang, angin sepoi-sepoi, serta pemandangan danau, dan juga desa terdekat bisa terlihat dengan jelas dari ketinggiannya. Bukit Kobrey ini terletak pada ketinggian 2050-2100 mdpl. Jarak tempuhnya dari Distrik Anggi adalah 1,5 km dengan waktu tempuh 30 menit. Kondisi jalanannya dari Distrik Anggi ke lokasi buruk, jadi turis yang datang harus berhati-hati.

Penangkaran Kupu-Kupu Endemik Papua

Di Papua, terdapat banyak binatang endemik. Salah satunya adalah Kupu-Kupu. Karena banyak diminati di Eropa dan Amerika, akhirnya, hewan ini diperjualbelikan. Demi menjaga kehidupan kupu-kupu ini, penangkaran dibuat di daerah Papua. Salah satunya di wilayah Pegunungan Arfak dengan lokasi tepatnya berada di Kampung Duiebey, Distrik Minyambow.

Distrik Tempat Suku Arfak Bernaung

Nama Pegunungan Arfak diambil dari nama suku yang bernaung di sana, yakni Arfak. Semua distrik di Pegunungan Arfak, seperti Distrik Anggi, dan Minyambow, warganya terdiri atas Suku Arfak. Di setiap distrik, tentunya, terlihat kebudayaan tradisional mereka yang masuk ke dalam wisata budaya. Kamu bisa menikmati budaya Rumah Kaki Seribu mereka yang berbahan lokal kayu Pegunungan Arfak, dan juga Tari Tumbuk Tanah yang menyerupai gerakan ular. Gerakan ini dipakai karena hewan melata itu menjadi simbol kebesaran mereka.

Bangunan yang Membendung Sungai Prafi

Pegunungan Arfak dialiri juga sungai. Yang paling dikenal sebagai tempat wisata adalah Sungai Prafi karena terdapat bangunan yang membendung aliran airnya. Lokasi Bendungan Sungai Prafi ini terdapat di Distrik Prafi. Wisata yang ditonjolkan dari bendungan ini adalah pemandangan alamnya yang berasal dari pegunungan dan aliran sungainya.

Itu dia tempat wisata di Pegunungan Arfak yang kamu perlu ketahui. Kamu perlu coba datangi tuh tiap tempat wisata yang udah disebutkan, kalau ke Papua, atau tepatnya Manokwari. Alasannya supaya kamu bisa ada banyak kenang-kenangan cerita sehabis berkunjung dari sana.

Komentar kamu?