5 Destinasi Wisata Terbaik di Belitung Timur

Sejak tereksposnya keindahan Belitung Timur maka banyak wisatawan mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Belitung Timur. Untuk kalian yang ingin berlibur ke Belitung Timur dan tidak tahu harus berlibur kemana

55 views
0

WartaWisata.ID – Belitung Timur merupakan salah satu kabupaten yang termasuk kedalam provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada masa Kolonial Belanda, Belitung Timur pernah menjadi salah satu tempat pertambangan timah hingga pada masa Orde Baru. Selain mempunyai nilai sejarah, Belitung Timur juga rupanya mempunyai keindahan alam yang sangat mempesona. Dahulu belum banyak orang yang tahu bahwa di Belitung Timur tedapat keindahan alam yang tersembunyi.

Belitung Timur merupakan salah satu kabupaten yang termasuk kedalam provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada masa Kolonial Belanda, Belitung Timur pernah menjadi salah satu tempat pertambangan timah hingga pada masa Orde Baru. Selain mempunyai nilai sejarah, Belitung Timur juga rupanya mempunyai keindahan alam yang sangat mempesona. Dahulu belum banyak orang yang tahu bahwa di Belitung Timur tedapat keindahan alam yang tersembunyi.

Sejak tereksposnya keindahan Belitung Timur maka banyak wisatawan mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Belitung Timur. Untuk kalian yang ingin berlibur ke Belitung Timur dan tidak tahu harus berlibur kemana, berikut ini rekomendasi 5 tempat wisata Belitung Timur yang dapat dikunjungi saat berlibur.

Pantai Burung Mandi

Pantai Burong Mandi terletak di Desa Burong Mandi Kec. Damar dengan jarak ± 77 km dari bandara Hanandjoedin atau bisa ditempuh 1 jam perjalanan dengan mobil (jalur darat) dan ± 21 km dari Kota Manggar Ibukota Kab. Belitung Timur. Pantai ini, telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung pariwisata seperti warung makan minum milik masyarakat, toilet, musholla, kamar bilas, dan panggung hiburan.

Pantai burong mandi memiliki karakteristik berpasir putih, perairan nan biru dan perahu kater (perahu tradisional nelayan) dicat berwarna warni yang diparkir disepanjang garis pantai. Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata ini bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menikmati kuliner/jajanan khas belitong, air kelapa muda, sunbathing dan melihat sunrise.

Kelenteng Dewi Kwan Im

Kelenteng Dewi Kwan Im terletak di Desa Burong Mandi Kec. Damar dengan jarak ± 75 km dari bandara Hanandjoedin atau bisa ditempuh 1 jam perjalanan dengan mobil (jalur darat) dan ± 19 km dari Kota Manggar Ibukota Kab. Belitung Timur. Kelenteng Dewi Kwan Im adalah kelenteng terbesar dan tertua yang dibangun kurang lebih 300 tahun yang lalu di Pulau Belitung. Saat ini kelenteng dewi kwan im menjadi destinasi wisata religi dan pusat kegiatan keagamaan.

Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata ini bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti meramal kehidupan masa depan, berfoto dengan latarbelakang bangunan kelenteng dan patung dewi kwan im.

Pulau Buku Limau

Pulau Buku Limau terletak di Desa Buku Limau Kec. Manggar dengan jarak ± 80,5 km dari bandara Hanandjoedin dan dilanjutkan 45 menit dengan kapal wisata/nelayan dari pelabuhan ASDP Manggar. Pulau Buku Limau adalah sentra penghasil ikan asin di Belitung Timur yang penduduknya berasal dari suku bugis, pulau ini juga memiliki pemandangan bawah air yang sangat indah dengan kondisi terumbu karang yang masih terjaga. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Buku Limau bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti snorkeling, menyelam, menikmati sunset dan sunrise serta kuliner khas suku bugis.

Museum Kata

Museum Kata terletak di Desa Lenggang Kec. Gantung dengan jarak ± 63 km dari bandara Hanandjoedin atau bisa ditempuh 1 jam perjalanan dengan mobil (jalur darat) dan ± 26 km dari Kota Manggar Ibukota Kab. Belitung Timur. Bangunan museum ini sejatinya adalah rumah masa kecil sang penulis novel laskar pelangi Andrea Hirata. Kemudian bangunan rumah tersebut dijadikan sebagai sebuah museum yang diberi nama ‘’Museum Kata’’.

Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata ini disuguhkan dengan banyak kata-kata inspiratif dan gambar-gambar bernilai artistik seni karya Andrea Hirata. Disamping itu wisatawan juga bisa berbelanja souvenir dan menikmati kupi kuli dengan proses pembuatan dan penyajian mengikuti budaya masyarakat belitong.

Dermaga Kirana Dan Rumah Keong

Dermaga Kirana dan rumah keong terletak ditepian sungai lenggang dan didepan replika SD Laskar Pelangi Desa Lenggang Kec. Gantung dengan jarak ± 65 km dari bandara Hanandjoedin atau bisa ditempuh 1 jam perjalanan dengan mobil (jalur darat) dan ± 26 km dari Kota Manggar Ibukota Kab. Belitung Timur. Destinasi wisata ini memiliki sebuah dermaga yang disebut dengan dermaga kirana dilengkapi dengan perahu wisata, kayak dan rumah keong.

Wisatawan yang berkunjung ke dermaga kirana dan rumah keong bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti berfoto cantik dengan background rumah keong dan menelusuri sungai lenggang sambil hunting foto burung-burung dan tumbuh-tumbuhan yang hidup diair dengan perahu wisata.

Komentar kamu?