Festival Pesona Bahari Raja Ampat

Acara yang luar biasa ini akan dipusatkan di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo.

416 views
0

WartaWisata.ID – Gambaran tahun lalu pada tanggal 18 sampai 21 Oktober 2018, Festival Pesona Raja Ampat 2018 akan membawa Anda pada petualangan spektakuler ke beberapa kemegahan paling menakjubkan dari Kepulauan Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Acara yang luar biasa ini akan dipusatkan di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo.

Festival Pesona Raja Ampat 2018 akan menampilkan berbagai kegiatan yang akan mengungkap keajaiban magis Raja Ampat, dari pemandangan menakjubkan hingga perjumpaan yang dekat dan pribadi dengan beberapa makhluk laut yang paling menarik dan unik di dunia. Anda juga akan dibawa ke tempat snorkeling dan diving di seluruh pulau yang telah mendapatkan gelar registrasi tempat snorkeling dan diving terbaik dunia oleh CNN Travel. Selain itu, pengunjung dapat bergabung dengan ribuan warga lokal untuk menikmati banyak atraksi seru berupa aneka lomba, pentas seni dan tari, pameran, serta hiburan rakyat.

Festival Pesona Raja Ampat 2018 diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kementerian Pariwisata yang bertujuan untuk terus mengenalkan keajaiban laut yang murni dan keindahan budaya Raja Ampat yang menakjubkan ke seluruh dunia. Festival ini menawarkan banyak kesempatan untuk eksplorasi laut sejak Raja Ampat menjadi jantung segitiga karang dunia. Disini pengunjung akan menjumpai banyak paus, lumba-lumba, dugong, kura-kura dan banyak lagi.

Raja Ampat mencakup area seluas 9,8 juta hektar tanah dan laut, rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Dengan itu, Raja Ampat menjadi tempat koleksi paling beragam di dunia untuk terumbu karang dan biota bawah laut.

Salah satu makhluk laut paling unik yang bisa ditemukan disini adalah Kalabia atau Wobbegong, atau dikenal sebagai hiu karpet. Hiu Karpet adalah hiu yang relatif lebih kecil dengan tubuh yang rata dibandingkan dengan kebanyakan hiu terlihat seperti karpet. Namun apa yang membuat hiu ini menjadi luar biasa adalah karena mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dasar laut, ‘berjalan’ di sirip mereka. Kebiasaan itu pula lah yang juga memberi mereka nama lain: ‘The Walking Shark’.

Menambah keajaiban alam yang luar biasa, festival ini juga akan disorot oleh pertunjukan seni dan budaya tradisional dari kabupaten lain. Selain itu acara akan diramaikan juga denga berbagai macam kompetisi seperti underwater foto, foto jurnalistik, perahu tradisional hias, lomba renang, volley pantai, lomba memasak makanan laut dan bazar, dan masih banyak lagi.

Untuk sampai ke Raja Ampat Anda harus terlebih dahulu mengambil penerbangan dari Jakarta atau Makassar ke Sorong. Ada pesawat kecil untuk membawa Anda ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, atau Anda bisa naik kapal feri dari pelabuhan Sorong ke pulau-pulau.

Komentar kamu?