Info Hits Seputar Kalimantan Utara

Video buatan KOMINFO tentang Infromasi seputar Kalimantan Utara.

281 views
0

WartaWisata.ID – Video buatan Dinas Hubungan KOMINFO Provinsi Kalimantan Utara tentang perjalanan singkat ke berbagai kabupaten yang Ada di Kalimantan Utara.

Dulunya masih bernaung pada Kalimantan Timur, namu sejak tahun 2012 Kota Tarakan, Kab Bulungan, kab Tanah Tuding,Nunukan Dan Malinau resmi berpisah Dan membentuk Provinsi baru bernama Kalimantan Utara.

Pemerintah Kalimantan Utara menetapkan kab Bulungan sebagai ibu Kota Kalimantan Utara. Kota Tarakan merupakan Kota di atas pulau menjadi gerbang utama menjalajahi Kalimantan Utara. Wisata yang wajib dikunjungi di Kota Tarakan yaitu Kawasan Konservasi Mangrove Bekantan.

Selanjutnya di Kab Bulungan, disini yg menjadi tempat populer yaitu Tanjung Selor. Berinfrastrukur Kota dengan Taman yang dijadikan ikon ibu Kota Kalimantan Utara. Tempat ini masih dalam Masa pembangunan dengan masterplannya yang masih berjalan yang bertujuan menjadikan Kota megasentrum.

Di Kab Bulungan juga Ada Pantai Tanah Kuning dengan menempuh 3 jam dari kotanya. Pantai ini direncanakan akan dibuat pelabuhan international oleh dinas perhuhungan dan KOMINFO Karena disini lokasinya laut bebas dan akses ke Kalimantan Utara lebih dekat.

Disini juga memiliki tugu bernama Tugu Telur Pecah yang terinspirasi dari cerita rakyat setempat yang dinamakan Puteri Lemlai Suri. Selanjutnya Kab Malinau.

Kab Malinau dijuluki sebagai paru-paru dunia. Tujuan disini untuk ke Desa Adat Setulang Salah satunya Lamin, Lamin dipakai seperti aula untuk acara setempat.

Di Kab Tana Tidung, sebagian besar wilayah merupakan hutan belantara dan budidaya kehutanan dan pengelolanya masih di pegang pemerintah pusat.

disini memiliki Kota kecil yang masih berkembang. Membutuhkan waktu 2 jam dari Malinauke Tana Tidung.

Selanjutnya di Kab Nunukan, untuk kesana harus ke pelabuhan Tengkayuh Kota Tarakan, pelabuhan ini bisa menghubungkan ke beberapa kabupaten di Kalimantan Utara. Termasuk pelabuhan international, disini juga bisa ke Malaysia.

Sampai di pelabuhan Lien His DJing Nunukan, di daerah Nunukan ada sebuah tugu bernama Tugu Dwikora. Tugu ini sebagai peninggalan sejarah tentara yg bertempur pada kala itu.

Sore harinya menuju ke Desa penghasil rumput laut, namun mampir dulu di Pantai Icing, disini Kita bisa melihat batas negara.

Desa penghasil rumput laut ini bernama Desa Tanjung Harapan. Desa ini menjadi tempat budidaya rumput laut terbesar di Nunukan.

Kalau ke Nunukan jangan lupa ke Pulau Sebati, pulau yang terbelah pemikikan antara Indonesia Dan Malaysia.

Untuk ke Sebati, harus berkendara ke pusat Kota Sungai Nyamuk selama 1 jam.

Host menutup video dengan bertanya bagaimana Kalimantan Utara kedepannya.

Dinas Perhuhungan KOMINFO berharap agar mereka bisa membuat Kalimantan Utara agar orang enak untuk ke Kalimantan Utara.

Komentar kamu?