3 Kuliner Mantap Khas Kalimantan Timur

Selama ini Kalimantan Timur tidak hanya terkenal dengan kawasan hutan yang masih asri, kawasan tambang besar dan kawasan dengan kultur budaya mengesankan saja. Lebih jauh, kawasan ini juga terkenal dengan aneka kulinber khasnya yang menggugah selera.

142 views
0

WartaWisata.ID – Sejak beberapa hari terakhir, provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu provinsi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Setelah diumumkannya wilayah kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartangera sebagai ibu kota baru Pemerintahan Republik Indonesia, sebaiknya kita mengenal lebih dekat wilayah ini.

Selama ini Kalimantan Timur tidak hanya terkenal dengan kawasan hutan yang masih asri, kawasan tambang besar dan kawasan dengan kultur budaya mengesankan saja. Lebih jauh, kawasan ini juga terkenal dengan aneka kulinber khasnya yang menggugah selera. Ada beberapa kuliner atau makanan khas Kalimantan Timur yang siap memanjakan lidah siapa saja yang berkunjung ke sana.

Inilah 3 rekomendasi kuliner khas Kalimantan timur yang wajib kalian rasakan sensasinya.

Sambal Raja

Jika Bali memiliki punya sambal khas yang disebut sambal matah ala Bali. Saat berkunjung ke Kalimantan Timur kamu harus coba sambal raja khas Kalimantan Timur. Sambal ini terdiri dari kacang panjang yang dipotong kecil-kecil, terong ungu dipotong dadu, bawang merah potong, cabai merah dan rawit serta telur tebus yang dicincang-cincang.

Cara membuatnya juga tidak sulit. Semua bahan digoreng dengan minyak panas. Sementara cabai, terasi, gula, dan garam yang dihaluskan. Setelah semua bahan matang, tambahkan perasan jeruk cina.

Bubur Pedas

Sepintas, bubur ini mirip dengan bubur ayam biasanya. Namun yang membuatnya beda karena dipadukan dengan ikan teri dan kacang goreng.  Selain itu, bubur ini menggunakan campuran rempah-rempah seperti jintan, ketumbar, lada hitam, lengkuas, dan cabe. Tak heran jika rasanya pedas.

Ayam Cincane

Kuliner ini berbahan dasar ayam kampung yang diberi bumbu rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri dan lainnya. Setelah itu ayam ini dibakar menggunakan bara api atau digoreng dengan minyak panas.

Sebelum disantap, ayam diberikan perasan jeruk untuk penambah rasa segar. Nikmati dengan nasi putih hangat. Dulunya makanan ini hanya dihidangkan saat ada acara penting seperti pesta pernikahan atau kelahiran. Namun sekarang dapat dijumpai di sejumlah warung di Kalimantan Timur.

Bagaimana, tertarik untuk mecobanya? Yuk, saatnya kamu berkenalan dengan sejumlah kuliner Kalimantan Timur ketika berkunjung kesana.

Komentar kamu?