Keindahan Gua Mangku Haji Yang Ada di Pulau Maratua

Kepulauan Derawan selalu menarik untuk dikunjungi dan selalu memiliki tempat tersembunyi yang indah. Jika Sobat Pesona berkunjung di siang hari, sinar matahari yang menembus ke bagian dalam Gua Mangku Haji membuat air yang berwarna kebiruan jdi semakin berkilau menenangkan

241 views
0

WartaWisata.ID – Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur masih menjadi top list destinasi kepulauan di Indonesia. Pemandangan jernihnya air laut, biota bawah laut, dan juga suasana tenang menjadi daya tarik para traveler. Pulau Maratua merupakan salah satu yang wajib banget dikunjungi saat berada di Kepulauan Derawan. Destinasi yang terkenal dengan spot diving dan snoerkeling yang mengagumkan ini makin sensasional dengan persembunyian yang eksotik, Gua Mangku Haji.

Gua Mangku Haji merupakan perairan bening di sebuah tebing yang membentuk sebuah gua. Kalau ditelisik dari namanya, Gua Mangku Haji dikatakan ditemukan oleh Haji Mangku. Untuk memasuki lokasi ini dan melakukan snorkeling, kalian harus melalui pintu gua berair payau yang sejuk atau loncat langsung dari atas gua.

Gua Mangku Haji di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan menjanjikan kalian pemandangan yang tiada dua. Apalagi jika kalian berkunjung di siang hari, sinar matahari yang menembus ke bagian dalam Gua Mangku Haji memberikan pesona air yang berwarna kebiru-biruan, berkilau menenangkan.

Lokasi Gua Mangku Haji berada di tengah hutan yang dikeliling pepohonan rimbun semakin menjadikan airnya dingin dan menyegarkan. Ketika pertama kali mengunjungi Gua Mangku Haji, mungkin akan terkesan mistis dan membuat merinding namun sekali kalian menyelami danau di Gua Mangku Haji, dijamin enggan untuk naik ke daratan.

Ada dua cara untuk mencapai Gua Mangku Haji di Pulau Maratua ini, pertama menggunakan jalur darat melalui desa Payung-Payung yang dekat dengan Paradise dan jika berjalan kaki akan memakan waktu sekitar 7 jam. Kedua, dengan transportasi laut. Menyewa kapal nelayan maupun speedboat melalui Pulau Maratua menuju ke utara dan mendekati Pulau Nunukan. Namun ketika air surut, kalian diharuskan berenang ya karena perahu maupun speedboat tidak bisa berjalan. Kemudian, trekking sebentar untuk menuju Gua Mangku Haji.

Tenang saja, perjalanan panjang ini akan terbayar lunas oleh pemandangan di Gua Mangku Haji.

Komentar kamu?