Lada, Rempah Primadona Dunia, Harta Karunnya Provinsi Lampung

Lada adalah bumbu penting dalam khazanah masakan Nusantara. Sejarah panjang lada di Lampung menunjukkan potensi ekonomi dari lada di Lampung telah berlangsung ribuan tahun.

4,492 views
0

WartaWisata.ID – Apa kalian tahu kalau Provinsi Lampung adalah salah satu daerah penghasil lada terbesar di Indonesia? Ya, Lampung punya potensi yang begitu besar sebagai penghasil bahan dasar untuk memasak ini. Menurut catatan sejarah, lada di Lampung bisa dilacak sejak zaman peradaban Hindu-Buddha bari dikenal di Indonesia. Oleh umat orang Hindu, lada dibawa dari India, kemudian ditumbuhkan di Lampung.

Mulanya, Kerajaan Sriwijaya adalah yang paling masif membudidayakan lada di Lampung, seperti tercantum pada beberapa prasasti yang ada pada masa itu. Lada dari Lampung mulai dikenal dunia ketika bangsa Eropa tiba di Nusantara dan melakukan proses perdagangan, yang termasuk di dalamnya adalah rempah, seperti lada, cengkeh dan lain-lain. Hingga saat ini, budidaya lada di daerah Lampung masih terus berlangsung bahkan menjadi komoditas penting di provinsi ini.

Selama dua tahun terakhir, di Lampung digelar Festival Lada untuk terus menggenjot produksi dan potensi ekonomi yang dimiliki oleh lada di Lampung. Festival Petik Lada yang berlangsung di Lampung Timur, diharapkan bisa menjadi upaya untuk terus meningkatkan gairah dan semangat para petani lada di Lampung.

Nah, kalian yang pernah berkunjung ke Lampung pasti menyadari betapa hebatnya produksi lada yang dihasilkan oleh Lampung. Karena itu, tidak ada salahnya untuk terus menggunakan lada-lada asli ini supaya perekonomian dalam negeri terus menuju ke arah positif. Tentunya, lada Lampung juga mempunyai citarasa Nusantara yang khas, yang bisa menjadi unggulan untuk makanan-makanan khas Indonesia.

Komentar kamu?