Surga Tersembunyi di Air Terjun Kali Pedati Probolinggo

Kemolekan pesona alamnya yang masih perawan, sampai detik ini masih begitu terawat dan terjaga dari perusakan alam. Objek wisata alam ini menawarkan perpaduan eksotisnya air terjun, perkebunan kopi, vegetasi liar dan tebing alam yang menjulang.

5.254 views
0

WartaWisata.ID – Satu lagi, spot wisata yang menarik dan layak dikunjungi saat memilih Probolinggo sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan. Selain Bromo, Sobat Pesona bisa berkunjung ke wisata Air Terjun Kali Pedati. Wisata ini sangat cocok bagi para penikmat wisata alam bebas. Wisata ini seakan menjadi surga karena wisatanya tersembunyi di sisi selatan Kabupaten Probolinggo.

Wisata ini pelan-pelan mulai mencuri perhatian para pemburu wisata alam bebas. Dengan biaya yang relatif murah, akses jalan utama yang sudah bagus, maka objek wisata ini sangat layak untuk ditambahkan pada list kunjungan wisata di Jawa Timur.

Kemolekan pesona alamnya yang masih perawan, sampai detik ini  masih begitu terawat dan terjaga dari pengerusakan alam. Air terjun Kali Pedati berada di Desa Kalianan kecamatan Krucil, kurang lebih 40 kilometer dari kota Probolinggo atau 30 kilometer jika di tempuh dari kota Kraksaan.

Objek wisata alam ini menawarkan pesona yang berbeda dengan lainnya. Perpaduan antara eksotisnya air terjun, perkebunan kopi, vegetasi liar dan tebing alam yang menjulang ibarat kombinasi rasa khas di spot wisata ini.

Keanekaragaman hayati yang hidup di sekitarnya seperti burung, primata, serangga, beragam jenis rumput liar, dan anggrek yang saling menempel di batang pohon kopi seakan menjadi menu pembuka sebelum menyeret mata wisatawan pada air terjun setinggi kurang lebih 50 meter ini.

Terletak di lereng utara Gunung Argopuro (Hyang Barat), wisata ini menyimpan banyak keanekaragaman hayati seperti satwa. Dari data yang didapatkan, 24 satwa liar jenis burung  berhasil tercatat dan teridentifikasi. Diantaranya, Prenjak Coklat, Meninting kecil, Cekakak Jawa, Pelanduk semak, Elang ular bido, Elang Sikep madu Asia (Migran).

Selain itu, ada juga burung jenis Kicuit Batu (Migran), Kadalan Birah, Pelanduk Topi Hitam, Takur Tenggeret, Srigunting Kelabu, Sikatan Kerdil, Sikatan Kepala Abu Abu, Cinenen Pisang, Cinenen Jawa, Wiwik Kelabu, Kaladi Ulam, Madu Bunga Api, Merbah Terucuk, Merbah Kutilang, Bondol Jawa, Bondol Peking, dan Layang-Layang Loreng.

Selain jenis burung juga sering dijumpai koloni lutung jawa dan tupai yang tampak berkeliaran dan bersembunyi di balik pepohonan sepanjang jalur menuju spot air terjun. Tentu hal ini menjadi sebuah hal yang menarik bagi pengunjung yang datang ke wisata ini.

Menuju objek wisata air terjun Kali Pedati begitu mudah, dari kantor KRPH Krucil menuju Desa Kalianan (areal parkir umum) hanya berjarak kurang lebih 6 km, dengan kualitas akses jalan yang bagus. ada rambu-rambu penunjuk jalan di setiap persimpangan jalan. Sayangnya, di lokasi wisata ini, belum ada fasilitas umum seperti tempat parkir kendaraan. Wisatawan bisa memanfaatkan halaman rumah penduduk di dusun terakhir dengan tarif seikhlasnya saja.

Komentar kamu?