Pesona Pantai Kolbano, Surga Tersembunyi di Tanah Timor

Daya tarik utama pantai di Kolbano, Timor Tengah Selatan ini adalah pantai berpasir putih dengan hamparan bebatuan kerikil cantik berwarna-warni, dan batu raksasa.

3,365 views
0

WartaWisata.ID – Pantai Kolbano yang berada di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, mempunyai pesona yang luar biasa. Memang, pantai-pantai di kawasan timur Indonesia terkenal dengan pemandangannya yang menawan, salah satunya pantai Kolbano yang menawarkan suasana pantai bersih dan air laut yang jernih.

Pantai Kolbano mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Timor. Hamparan pasir putih di Pantai Kolbano sangat cantik dengan bebatuan kerikil dengan warna yang beragam dan berbagai ukuran. Batu-batu ini sangat lembut dan sama sekali tidak membahayakan kaki. Tidak hanya berwarna putih, ada juga batu yang berwarna abu-abu, hijau kebiruan, coklat, hingga berwarna jingga yang mencolok.

Selain itu, terdapat juga batu raksasa bernama Batu Fatu Un yang menjadi landmark pantai ini. Dari kejauhan, bentuk batu ini terlihat menyerupai kepala singa dengan tinggi lebih dari 50 meter. Batu ini mempunyai lubang besar seperti gua, yang memungkinkan setiap orang bisa masuk dan naik hingga ke bagian atas batu. Sesampainya di puncak, keindahan bentang alam Pantai Kolbano dengan gradasi warna biru dan hijau turkis tersaji di depan mata.

Tidak hanya keunikannya saja yang menawan, Pantai Kalbano juga menjadi tempat yang strategis untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam sekaligus di satu tempat. Tak heran jika dari pagi hari atau saat sore hari, warga sekitar maupun wisatawan banyak yang berkunjung ke pantai ini.

Akses menuju Pantai Kolbano terbilang cukup sulit karena transportasi umum yang belum memadai. Sobat Pesona mesti menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Kupang untuk menuju pantai ini. Kondisi jalan menuju kawasan Kolbano cukup variatif, Sobat Pesona akan melewati jalan yang berkelok-kelok serta tanjakan dan turunan yang memicu adrenalin. Namun tenang saja, sepanjang jalan yang akan dilewati menyuguhkan pemandangan serta panorama alam yang menakjubkan.

Komentar kamu?