3 Spot Terbaik, Ketika Berpetualang di Pulau Sangiang

Sangiang memiliki karakter pesisir berpasir putih dan laut biru ini, merupakan pulau berpenghuni. Ada sebuah perkampungan bernama Lagoon Waru (Lagon Waroo) yang berkomunikasi menggunakan tiga bahasa sekaligus; Sunda, Jawa, dan Lampung.

1,853 views
0

WartaWisata.ID – Termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten, Pulau Sangiang terletak kurang lebih sekitar 45 menit perjalanan laut dari pantai anyer. Semula, pulau ini berstatus cagar alam, tetapi pada 1991 kawasan perairannya berubah menjadi Taman Wisata Alam Laut (720 hektar) dan pada 1993, kawasan daratnya menjadi Taman Wisata Alam (528,15 hektar). Pulau yang disebut sebagai The Seven Wonders of Banten ini sudah berpenghuni sejak abad 19. Bahkan, ketika zaman kolonial Jepang, penjajah menjadikan Sangiang sebagai pos pengaman.

Sangiang memiliki karakter pesisir berpasir putih dan laut biru ini, merupakan pulau berpenghuni. Ada sebuah perkampungan bernama Lagoon Waru (Lagon Waroo) yang berkomunikasi menggunakan tiga bahasa sekaligus; Sunda, Jawa, dan Lampung.

Karena bertanah merah, banyak lahan di Sangiang dijadikan tempat bercocok tanam. Sejak beberapa tahun belakangan, keindahan Sangiang memikat pelancong dan petualang dari Banten, Jakarta dan sekitarnya. Untuk mencapai Sangiang, kita menyeberang dari Pelabuhan Anyer dengan kapal atau speedboat dan langsung menuju Sangiang. Di sana bisa ngapain aja? Nih 3 spot seru buat berpetualang di Pulau Sangiang.

Tanjung Raden

Bagi kalian yang menyukai wisata bahari, Pulau Sangiang adalah destinasi tepat untuk dikunjungi. Kehidupan bawah laut di Taman Wisata Alam ini sungguh indah, dengan terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang hidup tenang. Titik selam di pulau ini bisa dilakukan di perairan Tanjung Raden. Sementara, pantai pulau Sangiang menawarkan pemandangan yang indah, terutama ketika senja. Kita bisa bersepeda, berkemah, hingga memancing.

Goa Kelelawar dan Penangkaran Penyu

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Sangiang adalah menyaksikan kelelawar beramai-ramai terbang di Goa Kelelawar, mendatangi penangkaran penyu di dekat perkampungan dan bertemu penyu dari dekat.

Benteng Jepang

Di luar itu, karena pernah disinggahi oleh bangsa kolonial, Pulau Sangiang menyimpan harta karun sejarah yang menarik. Di Pulau Sangiang, masih ada benteng-benteng pertahanan Jepang yang berdiri. Hanya saja, karena berlokasi dekat dengan pos TNI AL, butuh izin untuk datang.

Komentar kamu?