Spot Sunset Yang Menawan di Gunung Kunir

Bagi sunset hunter yang berdomisili di Kabupaten Purworejo, mereka tidak perlu pergi ke luar daerah untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam

471 views
0

WartaWisata.id – Bagi para pemburu keindahan matahari terbenam, musim kemarau merupakan saat yang tepat. Itu karena langit cenderung cerah sehingga sunset tidak akan terhalang oleh awan. Ada banyak sekali tempat untuk menyaksikan momen pergantian siang menuju malam itu. Biasanya sunset bisa disaksikan dari tempat-tempat yang tinggi sehingga tidak ada penghalang pandangan menuju cakrawala barat.

Bagi sunset hunter yang berdomisili di Kabupaten Purworejo, mereka tidak perlu pergi ke luar daerah untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Salah satu tempat di mana sunset tersaji dengan indahnya adalah Gunung Kunir.

Wisata Gunung Kunir terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Kota Purworejo adalah sekitar 26 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam. Lokasi Gunung Kunir adalah di kawasan Pegunungan Menoreh yang membentang di sebelah timur Kabupaten Purworejo.

Pegunungan ini memanjang dari selatan ke utara, meliputi Kabupaten Kulon Progo (DIY), Purworejo, hingga Magelang. Pegunungan Menoreh pun memiliki beberapa puncak-puncak tinggi di antara bukit-bukitnya yang terhampar luas. Titik tertinggi itu antara lain adalah Puncak Suroloyo dan Gunung Kendil di Kulon Progo, serta Gunung Trajumas dan Ayam-ayam di Purworejo.

Titik tertinggi lainnya adalah Gunung Kunir yang memiliki ketinggian sekitar 975 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lokasi pegunungan tempat Gunung Kunir berada merupakan perbatasan Kabupaten Purworejo dan Magelang. Sebelah barat kawasan Gunung Kunir adalah bagian Kabupaten Purworejo, sementara lereng bukit sebelah timur yang curam sudah masuk kawasan Kabupaten Magelang.

Berada di ketinggian sekitar 975 mdpl menjadikan tidak ada penghalang untuk memandang ke arah barat. Matahari terbenam pun menjadi salah satu atraksi wisata yang tersaji di Gunung Kunir Purworejo. Matahari terbenam bukan hanya satu-satunya pemandangan yang bisa diabadikan melalui satu frame foto. Saat musim kemarau antara Juni-September ketika matahari ada di belahan bumi utara, gunung Sindoro-Sumbing juga akan turut terabadikan bersama dengan sunset.

Sore hari yang teduh ditemani embusan angin sejuk Pegunungan Menoreh merupakan momen mendamaikan yang bisa didapatkan di puncak Gunung Kunir Purworejo. Suasanai itu seolah menghilangkan rasa lelah dan penat seketika. Matahari akan terbenam sekitar pukul 17.20 WIB. Meski demikian, datang sejak pukul 16.00 WIB merupakan keputusan yang tepat agar lebih puas menikmati suasana mendamaikan di puncak Gunung Kunir.

Pemandangan terbuka ternyata juga tersaji di sisi timur. Itu menjadikan Gunung Kunir sebagai tempat yang pas bagi mereka pemburu keindahan momen matahari terbit. Selain sunrise, Gunung Merapi dan Merbabu juga mempercantik panorama di ufuk timur. Hamparan Pegunungan Menoreh sebelah timur juga terlihat begitu indah dari Puncak Gunung Kunir. Tampak puncak-puncak tertinggi lain, mulai dari Puncak Suroloyo, Gunung Trajumas, dan Gunung Ayam-ayam.

Jika ingin menyaksikan matahari terbit, musim kemarau merupakan waktu yang pas. Selain kemungkinan ufuk timur tidak terhalang awan, posisi matahari juga agak ke utara. Sementara ketika musim hujan, sunrise akan terhalang oleh barisan pegunungan sebelah selatan.

Mereka yang ingin menyaksikan sunrise juga bisa berkemah di puncak Gunung Kunir ini. Puncaknya yang datar bisa menampung beberapa tenda. Langit malam penuh bintang akan menjadi bonus pemandangan yang bisa dinikmati ketika berkemah.

Komentar kamu?