Menariknya Pintu Langit Dahromo di Yogyakarta

Menariknya, di tempat ini juga terdapat spot-spot foto Instagramable. Ada sebuah pintu yang terbuka yang seolah langsung terhubung ke langit

449 views
0

WartaWisata.id – Kalau Kamu datang ke Yogyakarta, Pintu Langit Dahromo adalah salah satu tempat yang bisa dikunjungi. Tempat ini berlokasi di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Di tempat ini, Kamu bisa mendapati keelokan tempat yang menawarkan pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian.

Menariknya, di tempat ini juga terdapat spot-spot foto Instagramable. Ada sebuah pintu yang terbuka yang seolah langsung terhubung ke langit. Sangat indah, apalagi ketika gemerlap Kota Yogyakarta terpancar pada malam hari. Spot yang lain adalah Tempat Main Piano. Baik siang maupun malam, mengambil foto dari sudut tempat ini seolah-olah Kamu sedang berkolaborasi dengan alam, menyenandungkan lagu keindahan.

Memanfaatkan Limbah Pintu Langit Dahromo berdiri sekitar tahun 2017 di antara kawasan hutan pinus yang membentang di sebelah timur Kabupaten Bantul. Di tahun tersebut Pintu Langit Dahromo mulai melakukan perubahan pemanfaatan hutan dari pertanian ke pariwisata.

Kehadiran Pintu Langit diharapkan bisa mendatangkan peningkatan ekonomi. Namun diakui Riyanto, hal itu tidaklah mudah. Meskipun lokasi dan spot alamnya cukup potensial, Riyanto mengakui, bahwa dibutuhkan kreativitas serta dana dalam penataannya.

“Manfaat bagi masyarakat pengelola Pintue Langit tentu yg diharapkan peningkatan ekonomi, namun karena kami masih tahapan rintisan sehingga lebih banyak pemasukan yang kita gunakan untuk operasional dan pembangunan,” tuturnya.

Lebih lanjut Riyanto juga mengemukakan manfaat yang kini terasa di masyarakat adalah tentang meningkatnya pengetahuan tentang pariwisata dan adanya kesadaran untuk berorganisasi.

Saat ini, Pintu Langit merupakan salah satu tempat favorit yang cukup populer dikalangan milenial. Spot-spotnya yang Instagramable memang membuatnya elok untuk dijadikan background foto yang menjadikan feed Instagram semakin keren.

Untuk saat ini, kreativitas sudah dibantu oleh generasi kreatif lokal yang kebetulan digawangi oleh Riyanto sendiri. Namun untuk pendanaan guna mewujudan konsep-konsep penataan, menurutnya masih butuh kerjasama dengan berbagai pihak.

“Kami membuka diri bagi pihak-pihak yang perduli pada pemberdayaan masyarakat untuk ikut bekerja sama dalam mengembangkan destinasi wisata Pintu Langit. Kami memiliki konsep persilangan antara pariwisata yg diinterpretasikan dengan industri kreatif. Potensi yang sudah ada adalah dari teman filmmakers,”  pungkasnya.

Komentar kamu?