Pesona Tomini, Teluk Di Balik Garis Imajiner

Teluk Tomini tergolong perairan semi tertutup (semi enclosed) yang bersinggungan langsung dengan tiga provinsi (Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo) dengan 14 kabupaten atau kota serta 23 muara daerah aliran sungai (DAS).

1.208 views
0

WartaWisata.ID – Ada banyak alasan mengapa Indonesia begitu cantik, mulai dari alam yang indah dengan suguhan pemandangan yang elok, masyarakat yang ramah, hingga kuliner yang lezat. Semua bisa menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional.

Tak terkecuali dengan Teluk Tomini di Gorontalo. Teluk Tomini dikenal sebagai salah satu surga bagi para penyelam. Keindahan yang tiada tara bisa membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati biru laut dan hamparan terumbu karang di sana.

Ada yang bilang Tomini adalah keajaiban di balik garis imajiner. Dalam pembagian kawasan keanekaragaman hayati, kawasan ini berada di zona Wallacea, yang dalam sejarahnya merupakan kawasan terpisah dari Benua Asia maupun Australia.

Teluk Tomini tergolong perairan semi tertutup (semi enclosed) yang bersinggungan langsung dengan tiga provinsi (Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo) dengan 14 kabupaten atau kota serta 23 muara daerah aliran sungai (DAS).

Di tengah-tengah Teluk Tomini terdapat 56 rangkaian pulau yang dikenal dengan Kepulauan Togean yang panjangnya membentang hingga 90 km. Enam pulau di antaranya termasuk kategori besar, yaitu Pulau Una-Una, Batulada, Togean dan Talatakoh, serta Pulau Waleakodi dan Waleabahi.

Selebihnya adalah pulau-pulau kecil yang tak kalah indahnya. Justru pulau-pulau kecil itulah yang menjadi kawasan wisata yang setiap saat ramai dikunjungi wisatawan asing. Teluk Tomini kaya akan terumbu karang dan biota laut. Misalnya saja, terumbung karang berukuran raksasa, ikan gobi, anemon, dan ikan nemo yang bermukim di bawah perairan Tomini.

Teluk Tomini juga memiliki ‘magnet’ yang membuat wisatawan rela terbang jauh hingga ke Gorontalo. Wisata alam ini memiliki Karang Salvador dan Kipas Laut Biru yang hanya ada di Gorontalo. Teluk yang luasnya mencapai 6 juta hektare ini menjadi primadona bagi penyelam dari dalam maupun luar negeri.

Letaknya yang berada tepat di atas khatulistiwa menjadikannya kaya dengan makhluk hidup yang unik nan eksotis. Kita juga semakin dimanjakan karena Teluk Tomini memiliki 200 titik menyelam dengan 30 titik di antaranya tersebar di Gorontalo dan 25 di Togean.

Salah satu lokasi yang menjadi primadona adalah Taman Laut Olele dan Kepulauan Togean. Bagaimana tidak, kita akan disambut dengan air sebening kaca, lengkap dengan aneka terumbung karang dan hewan unik di dalamnya. Satu lagi pengalaman yang bisa rasakan kita adalah ketika bertemu lumba-lumba yang sedang bebas berenang.

Yuk, berkunjung ke Teluk Tomini!

Komentar kamu?