Pesona Taman Nasional Bunaken, Yang Menghipnotis Dunia

Di tempat ini terkenal dengan underwater great walls atau biasa disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang besar berbentuk vertikal dan melengkung ke atas.

2,554 views
0

WartaWisata.ID – Memiliki biodoversitas tertinggi di seluruh dunia menjadikan Taman Laut Bunaken sebagai primadona untuk wisata bawah laut dan diving. Karena kekayaan alamnya ini, tak heran jika Taman Nasional Bunaken termasuk dalam International Heritage yang menjadi favorit para penyelam dan pengunjung Festival Bunaken 2019. Taman nasional dengan luas area sebesar 89.065 hektar ini terdiri dari lima pulau, Pulau Bunaken, Pulau Mantehage, Pulau Siladen, Pulau Naen, dan Pulau Manado Tua.

Setidaknya, terdapat 20 titik tempat penyelaman (diving spot) yang bisa kita jelajahi di Taman Nasional Bunaken. Sebanyak 12 di antaranya berada di area Pulau Bunaken yang biasanya paling banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan domestik maupun mancanegara.

Di tempat ini terkenal dengan underwater great walls atau biasa disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang besar berbentuk vertikal dan melengkung ke atas. Dinding-dinding vertikal ini merupakan sumber makan untuk ikan-ikan yang berada di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Selain adanya under water great walls, Taman Nasional Bunaken juga memiliki harta karun berupa ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Dalam terumbu karang tersebut terdapat spesies unik seperti spesies alga Padina, Caulerpa, dam Halimeda.

Termasuk dalam perairan ‘Segi Tiga Emas’, setidaknya terdapat lebih dari 3000an spesies ikan yang  berada di Taman Nasional Bunaken. Kita pun dengan mudahnya bisa menemukan gerombolan ikan nemo (clown fish) yang lucu di Taman Nasional Bunaken ini.

Selain itu, terdapat titik penyelaman menarik bernama Mandolin. Titik penyelaman ini bisa dikatakan menjadi titik yang paling banyak diminati karena memiliki dinding dan juga puncak dari batu karang yang terbentuk secara alami. Beberapa jenis ikan yang bisa kita temui di Mandolin ini yakni kelompok ikan surgeonfish, Bannerfish, dan unicornfish.

Untuk bisa melihat penyu, kita bisa mengunjungi spot diving bernama Likuan 1, 2, dan 3 yang juga jadi spot favorit para penyelam. Di sini, kita akan menikmati spot diving dengan ombak yang tenang dan air yang jernih. Selain penyu, kita juga bisa melihat bannerfish, napoleon wrasse, dan pyramid butterflyfish.

Nah, itu dia beberapa spot diving di Taman Nasional Bunaken yang bisa kamu jadikan referensi.

Komentar kamu?