Puncak Upacara Yadnya Kasada Dihadiri Ribuan Orang

Ritual tahunan ini membuat suasana sekitar Pura Potendi area lautan pasir Gunung Bromo seakan 'hidup' selama 24 jam. Tak hanya suku Tengger, banyak juga masyarakat sekitar dan wisatawan yang hadir.

414 views
0

WartaWisata.ID – Puncak upacara Yadnya Kasada yang dipusatkan di Pura Poten, pada Kamis (18/7) dini hari, dibanjiri wisatawan. Sejak Rabu (17/7) sore, satu per satu perwakilan desa dari seluruh kawasan Tengger hadir membawa ongkek. Umumnya, ongkek berisi aneka hasil bumi sebagai persembahan atau sedekah.

Ritual tahunan ini membuat suasana sekitar Pura Potendi area lautan pasir Gunung Bromo seakan ‘hidup’ selama 24 jam. Tak hanya suku Tengger, banyak juga masyarakat sekitar dan wisatawan yang hadir. Sebagian dari pengunjung bahkan mendirikan tenda-tenda dan bermalam di sana. Beberapa di antaranya juga membuat perapian untuk mengusir dingin.

Yadnya Kasada memang sebuah event budaya yang cukup besar, khususnya bagi umat Hindu Tengger. Mereka berkumpul di Pura Poten untuk melakukan berbagai ritual. Seperti puja stuti para dukun pandita sekawasan Tengger, dan pemilihan para dukun atau pemuka adat, sekawasan Tengger.

Setelah semua ritual di Pura Poten selesai, dilanjutkan dengan melabuh sesembahan atau sedekah ke kawah Gunung Bromo. Untuk sampai ke puncak Bromo, masyarakat harus menempuh perjalanan lebih dari 1 Km. Melewati padang dan bukit pasir, hingga akhirnya sampai di anak tangga menuju titik tertinggi Gunung Bromo. Kalau kelelahan bisa naik kuda yang disewakan warga dari Pura Poten sampai anak tangga.

Nah, bagi yang tidak bisa hadir dalam upacara Yadnya Kasada yang menjadi bagian dari event besar Eksotika Bromo ini, Pesona Travel punya beberapa foto dari rangkaian event tersebut.

Komentar kamu?