Bersiap Menikmati Karya Seni Terbaik di ARTJOG 2019

Tahun ini, ARTJOG diikuti hampir 40 seniman individu maupun kelompok dari Indonesia dan mancanegara, seperti Austria, Australia, Filipina, hingga Singapura. Karya yang ditampilakn pun tak sembarangan. Semuanya melalui kurasi yang ketat. Dari mulai open call applications, hingga undangan khusus.

389 views
0

WartaWisata.ID – Perhelatan pameran seni rupa kontemporer ARTJOG 2019 bakal segera digelar. Acara ini rencananya akan digelar pada 25 Juli-25 Agustus 2019. Lokasinya masih di Jogja National Museum (JNM) Yogyakarta. Pastinya, ARTJOG 2019 akan kembali memperlihatkan berbagai karya seniman dalam dan luar negeri.

Tahun ini, ARTJOG mengusung tema besar “Arts in Common”, untuk lebih menegaskan kembali citra dari kegiatan tersebut. ARTJOG seakan menegaskan kalau acara ini bukanlah soal art fair biasa. Karena selama ini ARTJOG selalu dikemas meriah dan cenderung festival. Sehingga ARTJOG lebih pas bila disebut sebagai suatu festival seni.

Untuk memperkuat visi jangka panjangnya sebagai perhelatan reguler, ARTJOG pun telah menyiapkan sebuah tema besar. Sebuah tema yang memayungi penyelenggaraan edisi-edisi selanjutnya. Sepanjang 2019-2021, ARTJOG akan dibingkai tema besar “Arts in Common”, yang diturunkan ke dalam tiga sub-tema kuratorial, dalam tiga edisi festival setiap tahunnya. Pada ARTJOG MMXIX mengusung tajuk kuratorial common|space, melalui karya-karya yang mempersoalkan ‘ruang bersama’, di mana kita hidup sehari-hari.

Tahun ini, ARTJOG diikuti hampir 40 seniman individu maupun kelompok dari Indonesia dan mancanegara, seperti Austria, Australia, Filipina, hingga Singapura. Karya yang ditampilakn pun tak sembarangan. Semuanya melalui kurasi yang ketat. Dari mulai open call applications, hingga undangan khusus.

Walau begitu, ARTJOG 2019 tetap mempertahankan beberapa program edukasi pamerannya, seperti Meet the Artist dan Curatorial Tour. Ada pula program baru; LeksiKon yang menyajikan wicara-seniman (artist talk) secara performatif.

Dengan eksistensi dan keberagamaannya, ARTJOG pun kembali masuk dalam 100 Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata. Menurut Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono, ARTJOG sudah menjadi layaknya city branding bagi Yogyakarta. Keberadaannya selalu dinanti pencinta seni Indonesia bahkan dunia. Terbukti ARTJOG selalu sukses digelar selama 12 kali.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, ARTJOG bukanlah hanya sebuah pagelaran seni semata. Kehadirannya bagai sebuah pekan raya bagi pencinta seni. ARTJOG pun semakin memantapkan Yogyakarta sebagai kota seni Indonesia.

“Setiap kali digelar ARTJOG selalu ramai disesaki para pencinta seni, baik dari dalam maupun luar negeri. Selalu terjadi antrean panjang pengunjung yang ingin memasuki ruang pameran. Semua ingin menikmati ratusan karya seni, termasuk lukisan, gambar, patung, instalasi, foto, video, puisi, pertunjukan teater dan diskusi publik. Inilah keistimewaan ARTJOG. Pokoknya jangan mengaku pencinta seni kalau tidak menghadiri ARTJOG,” papar Menpar Arief Yahya.

Komentar kamu?