5 Kuliner Ikan Mentah Khas Nusantara, Yang Sangat Lezat

Sejak zaman dahulu, masyarakat di berbagai daerah pesisir Indonesia mengolah ikan menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari olahan dibakar, digoreng, digulai, hingga dimakan mentah tanpa dimasak.

304 views
0

WartaWisata.ID – Sebagai negara kepulauan, Indonesia kaya akan sumber daya alamnya terutama di bidang perikanan dan biota laut. Sejak zaman dahulu, masyarakat di berbagai daerah pesisir Indonesia mengolah ikan menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari olahan dibakar, digoreng, digulai, hingga dimakan mentah tanpa dimasak.

Berikut rangkuman WartaWisata.ID lima kuliner berbahan dasar ikan mentah khas Indonesia yang patut kalian coba.

Naniura

Naniura merupakan kuliner andalan Tapanuli, Sumatra Utara yang, dimakan secara mentah, tetapi tidak berbau amis. Makanan ini dimatangkan dengan cara merendamnya ke dalam bumbu rempah. Bumbu ini terbuat dari kombinasi 10 rempah dan bahan lainnya, termasuk andaliman, bumbu rempah khas Batak, yang membuat citarasa Naniura ini semakin nikmat.

Rusip

Kuliner ini berasal dari Bangka Belitung dengan menggunakan bahan utama ikan teri atau disebut juga dengan ikan bilis. Cara pengolahannya, ikan teri segar dicampur dengan garam dan gula merah, kemudian difermentasi kurang lebih selama tujuh hari. Setelah bau ikan berubah menjadi asam, diberi bumbu berupa jeruk kunci, irisan bawang merah, dan cabai rawit. Rusip disajikan sebagai pendamping lalapan atau sebagai pengganti sambal karena citarasa rusip merupakan perpaduan antara kesegaran dan pedas yang khas.

Lawa Bale

Suku Bugis yang tinggal di Polewali, Sulawesi Selatan juga mempunyai hidangan khas berbahan dasar ikan mentah bernama Lawa Bale. Makanan ini memanfaatkan bahan dasar ikan yang berukuran kecil, seperti ikan teri atau ikan banjar. Kemudian, ikan tersebut diberi perasan jeruk nipis dan garam, lalu kemudian dicampur kelapa parut.

Pacco

Pacco merupakan salah satu makanan tradisional penduduk Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Kuliner ini terbuat dari ikan laut yang masih segar tanpa dimasak. Proses pembuatannya pun cukup direndam di air cuka yang dicampur dengan garam dan dibiarkan selama sekitar 10 menit. Ikan ini kemudian dicampur bersama bumbu-bumbu berupa cabai rawit, jeruk sambal, garam, dan kacang tanah goreng. Setelah dicampur, pacco siap disantap dengan menawarkan rasa agak asam dan gurih yang khas.

Gohu Ikan

Satu lagi kuliner khas dengan bahan dasar ikan mentah adalah gohu ikan. Makanan ini berasal dari Ternate, Maluku Utara dan jenis ikan yang digunakan adalah ikan tuna. Pembuatannya pun sangat sederhana. Ikan tuna dibersihkan, lalu dipotong dadu, dan dicampur dengan garam, perasan jeruk nipis, serta daun kemangi. Penyajiannya disiram dengan tumisan bumbu yang terbuat dari cabai dan irisan bawang merah. Gohu ikan ini biasanya digunakan sebagai lauk pendamping nasi atau bubur sagu.

Komentar kamu?