Pesona Air Terjun Talokan di Paleleh Barat

Keistimewaanya adalah lokasinya yang tidak jauh dari pantai. Itu juga yang menjadi keunikannya, sebab obyek  dengan kombinasi air terjun dan pantai dalam satu kawasan sulit ditemukan di daerah lain di Indonesia.

2,107 views
0

WartaWisata.id – Pesona air terjun Talokan di Paleleh Barat Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah membuat siapa saja yang datang berkunjung menjadi terpesona.

Keistimewaanya adalah lokasinya yang tidak jauh dari pantai. Itu juga yang menjadi keunikannya, sebab obyek  dengan kombinasi air terjun dan pantai dalam satu kawasan sulit ditemukan di daerah lain di Indonesia.

“Berada di Talokan ini seakan sangat istimewa, ini menarik dan menjadikan pengalaman berwisata yang luar biasa,” kata Harry Gobel, pengelola Harry and Mimin Homestay Gorontalo yang berwisata ke Paleleh Barat, Buol, Minggu (30/6).

Obyek wisata ini memang belum tenar, namun ke depan memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan sebagai wisata andalan Kabupaten Buol.

Dari batu yang sangat besar, air mengalir menuruni punggungnya sebelum jatuh di sisi bawah. Batu hitam ini memberi saksi ribuan tahun lalu air ini mengalir memberi keindahan tersendiri di tanah Buol, Bumi Pogugul yang memesona.

Di lokasi ini juga ditawarkan pemandangan alam yang sangat indah, alami belum banyak tersentuh dan lingkungan yang masih segar. Air laut yang jernih, udara segar dan matahari bersinar tanpa halangan polusi udara sebagaimana disaksikan di kota besar.

“Kami berharap ini dapat dipromosikan dengan baik, termasuk fasilitas yang memadai bagi wisatawan local, nusantara dan mancanegara,” tutur Harry Gobel.

Sebagai daerah yang berada di Pulau Sulawesi sisi utara, Kabupaten Buol memang dikenal memiliki potensi pariwisata yang beragam. Wisata bahari dengan pantai dan pulau-pulau kecilnya yang menawan, juga terumbu karang yang masih sehat. Di daratan terhampar pesona hutan hujan tropis yang memiliki keanekareagaman hayati tinggi dan bentang alam yang indah. Sementara masyarakatnya yang ramah masih melestarikan tradisi dan adat istiadat.

“Kami terus berupaya menyajikan keindahan Kabupaten Buol untuk menarik wisatawan, termasuk mereka yang beraasl dari mancanegara,” ujar Widyastuti Batalipu, Kepala Bidang pemasaran pariwisata kabupaten Buol.

Komentar kamu?