Yuk, Main Stand Up Paddle Board di Jatiluhur

"Stand up paddle adalah upaya untuk meningkatkan destinasi wisata Jatiluhur, mengenalkan perum Jasa Tirta sebagi BUMN yang berpotensi mengembangkan pariwisata, line, sekaligus listrik dan air sekaligus mengangkat kearifan lokal UMKM, ekonomikreatif untuk bersama kita angkat ke permukaan

157 views
0

WartaWisata.id – Baru-baru ini, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti menantang Bos Facebook Mark Zuckerberg adu Paddle Board. Kamu yang mau coba juga, bisa ke Purwakarta lho.

Waduk Jatiluhur adalah tempat wisata di Purwakarta yang masih jadi primadona wisata di Jawa Barat. Sampai saat ini, danau buatan yang memiliki luas sekitar 8.300 hektare itu masih memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Bahkan di akhir pekan, Perum Tasa Tirta II telah menambahkan spot baru di kawasan Danau Jatiluhur dengan menggelar The 1st Stand Up Paddle and Kayak Exhibition.

Menurut Dirut PJT II, U Saefudin Noer Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendongkrak Pengunjung yang berwisata ke Jatiluhur khususnya dan ke kabupaten Purwakarta pada umunya. Dengan digelarnya event bertaraf nasional sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Stand up paddle adalah upaya untuk meningkatkan destinasi wisata Jatiluhur, mengenalkan perum Jasa Tirta sebagi BUMN yang berpotensi mengembangkan pariwisata, line, sekaligus listrik dan air sekaligus mengangkat kearifan lokal UMKM, ekonomikreatif untuk bersama kita angkat ke permukaan

Masuk di Indonesia pada awal tahun 2010-an, namun yang memainkan bukan warga Indonesia, melainkan beberapa wisatawan asing datang bawa Paddle board dan bermain di sejumlah destinasi di Indonesia. Sejauh ini, banyak wahana yang disiapkan di kawasan tersebut. Sebut saja salah satunya, wahana air dan fasilitas khusus olahraga air. Jadi, pengunjung juga bisa merasakan adrenalinnya terpacu, misalnya ketika menaiki perahu tradisional maupun speed boat yang bisa disewa untuk kepentingan rekreasi.

Selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air dan kebutuhan air irigasi. Dari sisi wisata air, Danau Jatiluhur layak dijadikan tempat bermain paddle board atau stand up paddle dan kayak. Saat ini juga telah tersedia fasilitas penunjang lainnya. Semisal, dermaga terapung serta hotel baru yang rencananya akan di launching tahun ini. Dengan begitu, di Waduk Jatiluhur sekarang sudah banyak variasi spot-spot untuk berwisata.

Sementara menurut Ketua Komunitas Stand Up Paddle Indonesia, Hery Yanto, Paddle board ini adalah gabungan olahraga dari papan seluncur dan dayung seperti kano atau kayak. olahraga ini mulai dikenal sekitar tahun 1990-an di Hawaii dan mulai diajarkan di beberapa sekolah surfing.

“Indonesia sebenarnya banyak banget tempat bermain stand up paddle, Sekitar tahun 2014, kita-kita yang suka olahraga outdoor mencoba bermain stand up paddle diawali di Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Lalu tahun 2015 mulai dikenalkan di acara outdoor festival, nah di situ membentuk komunitas stand up paddle Indonesia,”

Jatiluhur yang merupakan waduk terbesar dengan beberapa pulau-pulau yang cukup bagus, bisa menjadi spot bagus untuk destinasinya para pedayung. Olah raga ini cukup mudah dan cepat dipelajari, terlihat banyak wisatawan yang berkunjung untuk mencoba dan belajar bermain stand up paddle.

Komentar kamu?