Fenomena Alam, Embun Salju di Gunung Bromo

Embun beku yang biasa juga disebut embun upas ini muncul akibat cuaca sangat dingin yang bahkan bisa mencapai angka nol derajat Celsius

293 views
0

WartaWisata.id – Fenomena musim kemarau menyebabkan penurunan suhu yang cukup ekstream hingga embun salju muncul di Gunung Bromo. Sekilas mirip dengan salju, fenomena yang dapat menjadi tanda turunnya suhu secara ekstream ini terjadi setiap memasuki musim kemarau di kawasan tersebut. Embun beku yang biasa juga disebut embun upas ini muncul akibat cuaca sangat dingin yang bahkan bisa mencapai angka nol derajat Celsius.

Fenomena alam yang biasa terjadi setiap tahunnya ini mengakibatkan sebagaian kawasan Gunung Bromo mulai diselimuti oleh butiran es ketika pagi hari. Dengan gampang kita akan menjumpai embun upas ini di hamparan lautan pasir dan berbagai tanaman dan pepohonan di sana. Tak jarang kita juga dapat jumpai salju ala bromo ini tengah menyelimuti berbagai bagian di mobil Jeep rombongan wisatawan.

Dody Eko, salah satu pemandu wisata Gunung Bromo mengungkapkan, Kemunculan es salju ini merupakan fenomena tahunan yang berulang setiap awal musim kemarau. Fenomena ini diketahui muncul di lautan pasir Bromo, permukiman Cemoro Lawang, serta kawasan Penanjakan View Point. Selain itu akan semakin tebal jika berada di kawasan Gunung Semeru karena berada di ketinggian yang lebih tinggi.

Embun upas ini sendiri, Lanjut Dody, biasanya terjadi pada bulan juni hingga agustus. Pada bulan juni dan juli intensitas Embun upas masih tergolong tipis dengan suhu sekitar yang mencapai 5 – 10 derajat celsius.

Namun masuk ke bulan agustus, keberadaan embun upas ini akan semakin terlihat jelas dan tebal dengan suhu yang semakin ekstream hingga nol derajat celsius.

Alih alih menghindari suhu ekstream ini, para wisatawan justru tertarik dengan fenomena ini. Tak hanya menawarkan sensasi dingin yang menusuk tulang, berfoto dengan latar belakang lautan pasir Bromo yang diselimuti embun putih beku ini juga merupakan salah satu tujuan mereka datang ke Bromo minggu-minggu ini.

“Pertama ketemu embun upas ini tadi pagi (23/6) di pepohonan sekitar area Bukit Kingkong Sunrise point, setelah itu akan terlihat jelas di lautan pasir. Selain indah keberadaan embun ini juga menyulitkan motor kita untuk melintas karena akan membuat pasir semakin licin untuk dilalui,” Ungkap Atika Firda salah satu wisatawan yang berasal dari Blitar Jawa Timur, dan datang untuk menikmati embun salju muncul di Gunung Bromo.

Komentar kamu?