Sunrise Of Java di Pantai Cacalan

Bagaimana tidak, kota yang berada di pesisir Selat Bali itu tiap ujungnya adalah pantai cantik yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati sunrise.

56 views
0

WartaWisata.id – Julukan The Sunrise of Java rasanya tidak berlebihan disematkan untuk Kota Banyuwangi.

Bagaimana tidak, kota yang berada di pesisir Selat Bali itu tiap ujungnya adalah pantai cantik yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati sunrise. Hampir semua pantai yang ada di Banyuwangi menghadap ke Timur dan Utara sehingga sangat pas untuk menjemput sunrise.

Salah satu pantai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan adalah Pantai Cacalan. Lokasinya memang agak “masuk”, dari arah Banyuwangi ke Ketapang masuk ke arah kanan setelah SPBU Sukowidi. Pantai ini masuk lingkungan Sukowidi Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro Banyuwangi.

Nama Cacalan sendiri ada banyak versi, dulu di sekitar pantai banyak ditumbuhi pohon jajang atau bambu. Untuk membersihkannya masyarakat menggunakan cangkul, dan istilahnya dicacal atau dicangkul.

Setelah melewati jalan masuk Lundin yang melewati sebuah pabrik galangan kapal, wisatawan akan disapa oleh semburat pagi nan cantik dari arah Pulau Dewata. Pemerintah Banyuwangi sudah menyiapkan pemandangan cantik dengan dekorasi perahu dan tulisan nama pantai bagi pengunjung yang ingin selfie atau nge-vlog.

Jangan sampai kesiangan ya! Saat yang paling pas untuk datang menikmati sunrise di pantai ini adalah jam 4.30 pagi. Pantai Cacalan ombaknya kecil, sehingga airnya aman untuk dijadikan tempat bermain. Pada saat surut wisatawan bisa menikmati suasana bebatuan yang ditumbuhi rumput laut.

Di sana juga kerap dijumpai aktivitas nelayan yang memancing atau menjala ikan. Lelah menikmati sunrise, pengunjung bisa menikmati kuliner seafood di warung-warung yang ada di sekitar pantai dengan harga terjangkau.

Adapun fasilitas yang melengkapi pantai tersebut di antaranya MCK dan musholla. Kedua fasilitas itu cukup nyaman untuk bersantai bersama kerabat dan keluarga. Memasuki pantai juga tidak dikenakan tarif alias gratis, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Komentar kamu?