Destinasi Pulau Tropis Terindah di Nusantara

94 views
0

WartaWisata.id – Kepulauan Banyak di Aceh Singkil merupakan kepulauan yang masih belum banyak orang tahu. Di Kepulauan Banyak ini, tersebar sebanyak 70 pulau dan sebagian besar di antaranya tak berpenghuni dan sebagian lainnya merupakan resort-resort sederhana yang langsung menghadap ke pantai.

Ada beberapa resort sederhana di sini yang dimiliki orang lokal. Di sekitar pulau Sobat Pesona bisa trekking dan menikmati hamparan pasir putih yang memesona. Ketika kita mau coba explore lebih, dengan drone untuk kebutuhan foto udara. Tampak jelas terlihat di sekitar pulau sangat banyak karangnya dan air lautnya yang indah.

Pasir putihnya lebih lembut dan memanjakan akan membuat Sobat Pesona betah berlama-lama menghabiskan liburan di sini. Lambaian daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis.

Untuk melakukan perjalanan Pulau Tailana di Kepulauan Banyak, Sobat Pesona yang berasal dari Jakarta  harus terbang ke Medan. Berikutnya, dari Medan menggunakan jalan darat menuju Aceh Singkil memakan waktu 8-10 jam. Tiba di pelabuhan Aceh Singkil, ada beberapa alternatif pilihan untuk menyeberang Kepulauan Banyak.

Pertama, feri dengan waktu tempuh 4 jam. Kedua, angkutan rakyat yang biasa untuk mengangkut sembako dari Pelabuhan Jembatan Tinggi dengan tarif Rp 50.000 dengan lama perjalanan sekitar 4 jam. Jadwal keberangkatan tiap hari jam 07.00 pagi menuju Pulau Balai. Ketiga, menyewa speedboat atau kapal kayu. Tarif sewa tergantung dari hari pelayaran dan ukuran kapal. Lalu, Sobat Pesona bisa menyeberang ke Pulau Tailana.

Pulau ini sangat asyik untuk snorkeling karena air lautnya sangat jernih. Saran saja, jika Sobat Pesona ingin snorkeling, pilihlah kapal berukuran kecil agar bias singgah di pulau-pulau kecil di sekitar perairan Pulau Tailana.

Jika suka surfing, Sobat Pesona harus mendatangi Pulau Bangkaru, Ujung Silingar dan Pulau Tangku bagian selatan. Surfing. Bagi yang bisa surfing di sinilah tempatnya. karena Kepulauan Banyak punya 2 titik ombak dengan ketinggian mencapai 6 meter.

Saat yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Banyak adalah sekitar Januari hingga Mei di mana cuaca terbilang bersahabat. Karena lokasinya masih jarang diketahui, kebersihan dan keasrian Pulau Tailana masih sangat terjaga. Sejauh ini, Pulau Tailana adalah yang paling indah.

Komentar kamu?