5 Destinasi Wisata Ponorogo, Yang Wajib Kalian Kunjungi

Tak hanya kesenian Reog yang menjadi magnet kota ini. Akan tetapi, kabupaten ini juga memiliki banyak hal lainnya yang membuat wilayah ini pantas mendapatkan perhatian lebih dari penikmat wisata Indonesia.

817 views
0

WartaWisata.id – Wisata Ponorogo punya alternatif cukup banyak. Kamu bisa memilih wisata Ponorogo yang kamu suka. Mulai dari budayanya yang khas dan alamnya yang indah.

Mungkin saat mendengar Ponorogo, hal pertama kali yang terbesit di pikiran adalah tentang Reog. Benar saja, Ponorogo memang sangat terkenal dengan kesenian Reog-nya. Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur.

Tak hanya kesenian Reog yang menjadi magnet kota ini. Akan tetapi, kabupaten ini juga memiliki banyak hal lainnya yang membuat wilayah ini pantas mendapatkan perhatian lebih dari penikmat wisata Indonesia.

Ya, selain menikmati kesenian khasnya, di Ponorogo juga terdapat beraneka ragam tempat wisata yang mengedepankan pesona alamnya. Bagaimana tidak, bila kamu melakukan perjalanan menuju wisata ponorogo ini, terbentang luas perbukitan dengan pohon-pohon sebagai pelengkapya.

Tak hanya itu, masih banyak lagi wisata Ponorogo yang tak terlihat mata secara langsung. Alias membutuhkan sedikit usaha untuk mencapai tempat wisatanya agar bisa menikmatinya.

Berikut Rangkuman WartaWisata.id yang di rangkum dari berbagai sumber

Bukit Cumbri

Pemandangan alam yang tak kalah memukau di Ponorogo juga bisa ditemukan di Bukit Cumbri. Wisata Ponorogo yang satu ini terletak tepat di perbatasan antara kabupaten Ponorogo dengan kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah. Bukit ini memiliki ketinggian 638 mdpl. Di sini kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit.

Untuk menyambangi tempat wisata Ponorogo yang satu ini, kamu perlu sedikit berusaha, Ya, sama dengan wisata perbukitan lainnya. Kamu perlu berjalan kaki cukup jauh untuk bisa menjangkau tempat ini.

Perjalanan ini bisa dimulai dari Desa Pager Ukir di Ponorogo ataupun Desa Kepyer di Wonogiri. Dibutuhkan waktu selama 1 jam untuk menuju ke sini. Namun kamu tak perlu khawatir, rute menuju tempat ini cukup mudah untuk ditempuh. Cocok untuk pendaki pemula.

Nah, saat tiba di bukit Cumbri, kamu perlu sedikit menjaga sikap. Pasalnya tempat ini memiliki tebing yang curam. Bila salah-salah langkah kamu bisa terpeleset.

Tumpak Pare

Ponorogo memiliki bentang alam dan lanskap yang sangat istimewa. Hal ini dibuktikan dengan menikmati wisata Ponorogo seperti berkunjung ke dataran tinggi. Salah satu diestinasi dataran tinggi antimainstream di Ponorogo yang perlu dikunjungi adalah Tumpak Pare. Di sini kamu bisa melemparkan pandangan dari ketinggian.

Dari ketinggiannya, kamu bisa melihat alam Ponorogi yang berbukit dan hijau, serta deretan pepohonan di kejauhan yang sangat memesona. Ditambah dengan udara yang sejuk menambah keseruan saat berada di Tumpak Pare ini.

Tumpak Pare terletak cukup jauh dari pusat kota Ponorogo, tepatnya berada di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun. Biasanya membutuhkan waktu temouh selama 1,5 jam. Lokasi ini juga sejalan dengan jalur menuju Gunung Gajah.

Gunung Gajah Ponorogo

Wisata Ponorogo berikutnya adalah Gunung Gajah. Di sini kamu bakal disajikan keindahan alam Ponorogo. Ya, kamu bisa menikmati keindahannya dari puncak yang berada di ketinggian 1.200 mdpl. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke sini memilih untuk berkemah di sini. Bukan tanpa alasan, pengunjung kerap ini menyaksikan pemandangan malam serta panorama matahari terbit yang sangat memukau.

Kamu bisa naik ke Gunung Gajah dengan mengendarai motor. Namun tetap perlu hati-hati, dikarenakan kondisi jalan yang kurang baik yaitu berupa jalan setapak. Namun, untuk bisa sampai ke puncak tertingginya, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Hal ini dikarenakan puncak yang selalu ditutupi oleh kabut.

Gunung Gajah sendiri terletak di Desa Gajah, Kecamatan Sambit. Untuk menuju lokasi ini, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat kota Ponorogo. Selama di perjalanan, kamu akan menemukan beragam tempat yang menawarkan pemandangan indah seperti Bukit Kiwil.

Air Terjung Sunggah

Setelah mengetahui beberapa wisata Ponorogo yang sangat indah dinikmati dari perbukitan, kini bergeser sedikit mencari yang segar-segar. Ya, tak hanya didominasi dengan perbukitan, di Ponorogo juga banyak wisata yang menyegarkan seperti beragam air terjun.

Salah satu wisata air terjun yang bisa dinimati di Ponorogo adalah air terjun Sunggah. Di sini kamu akan disajikan pesona alam yang masih natural dengan pemandangan alam yang segar.

Memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan alam dengan nuansa hutan di sekitarnya. Selain itu, ada persawahan dengan sistem terasering yang menambah keunikan dari air terjun ini.

Nah, buat kamu yang ingin berkunjung ke sini, kamu bisa datang ke Desa Selur yang ada di kecamatan Ngrayun, kabupaten Ponorogo. Untuk menuju ke tempat ini bisa dilakukan dengan menggunakan kendaran pribadi. Fasilitasnya pun cukup lengkap. Sudah ada tersedia area parkir yang berjarak sekitar 10 menit bila ditempuh dengan berjalan kaki dari lokasi air terjun.

Telaga Ngebel

Tak hanya penuh dengan keindahan alam yang memesona, tempat wisata Ponorogo juga memiliki banyak cerita mistis di dalamnya. Salah satu tempat wisata dengan nuansa mistis adalah Telaga Ngebel. Walaupun banyak cerita mistis yang menyelimuti Telaga Ngebel ini, namun pemandangan alam di sini sangat eksotis.

Danau alami yang berada di kaki gunung Wilis ini menawarkan bentang alam yang mengesankan. Nuansa alam yang menenangkan jadi menghilangkan atmosfer mistis yang berasal dari cerita masyarakat sekitar.

Tempat wisata ini cocok buat kamu yang suka berburu foto dengan nuansa alam. Bagaimana tidak, panorama matahari terbitnya menjadi momen yang sangat mengagumkan. Kombinasi dari sinar matahari pagi dengan kabut tipis, membuat siapa saja berdecak kagum.

Telaga Ngebel ini merupakan salah satu tempat wisata Ponorogo yang yang populer, sehingga tidak sulit untuk menjangkau tempat ini. Sudah banyak transportasi umum yang bisa mengantarkan kamu menuju tempat ini. Namun pilihan terbaik untuk menuju Telaga Ngebel ini adalah dengan kendaraan pribadi.

Komentar kamu?