Pulau Asu, Destinasi Para Pecinta Surfing

Asal kata Asu sebenarnya kependekan dari kata Asuhan. Asuhan bermakna terakhir dalam bahasa Nias. Maksudnya, pulau ini merupakan pulau terakhir yang terjaga dan dikagumi

1,047 views
0

WartaWisata.id – Dalam bahasa Jawa, Asu memiliki arti anjing. Penggunaan kata ini pun mempunyai konotasi negatif lantaran kerap digunakan sebagai sebuah bahan umpatan. Namun di Nias, Asu adalah sebuah pulau cantik yang berada di wilayah Kecamatan Kepulauan Hinako, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara.

Wisatawan kerap mengira pulau ini dinamakan Asu lantaran masyarakat Nias banyak yang memelihara anjing. Padahal hal tersebut merupakan kebetulan. Kebanyakan penduduk memelihara anjing untuk menjaga kebun dan menjaga rumah penduduk dari binatang lain.

Asal kata Asu sebenarnya kependekan dari kata Asuhan. Asuhan bermakna terakhir dalam bahasa Nias. Maksudnya, pulau ini merupakan pulau terakhir yang terjaga dan dikagumi. Namun lantaran orang Nias mengucapkan Asuh huruf “h” nya sering tidak terdengar, maka tempat ini kerap disebut Asu.

Jika ingin berkunjung ke Pulau Asu wisatawan bisa menggunakan pesawat dari Bandara Kualanamu di Medan menuju Bandara Binaka di Gunung Sitoli. Dari Gunung Sitoli selanjutnya perjalanan berlanjut ke Kota Sirombu dengan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 2 jam.

Nantinya terdapat dua pilihan menuju ke Pulau Asu dari Sirombu. Kamu bisa menumpang kapal reguler atau menggunakan kapal cepat. Memakai kapal reguler, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Asu sekitar 2 jam. Sedangkan jika menggunakan kapal cepat, maka waktu yang diperlukan berkisar 40 menit.

Pulau ini memiliki luas pulau kurang lebih 18 kilometer persegi. Di Pulau Asu ini, airnya jernih serta butiran pasir yang putih ditambah nyiur pohon kelapa. Hamparan pasir berwana putih, dengan alam yang masih asri tentunya akan memanjakan mata siapapun yang berkunjung ke pulau ini.

Salah satu keunikan di Pulau Asu adalah terdapatnya banyak rumah-rumah tradisional berdinding kayu dan beratap rumbia. Lokasi yang cocok dijadikan latar belakang berfoto oleh para wisatawan.

Jika berkunjung ke Pulau Asu, maka pengunjung bisa menikmatinya dengan snorkeling, berselancar maupun diving. Pulau Asu memiliki ombak dengan tinggi 4 sampai 7 meter dan panjang ombak mencapai 200 meter. Tak heran kalau kemudian tempat ini serig digunakan para wisatawan asing untuk berselancar.

Keindahan bawah laut Pulau Asu juga terkenal dengan keberadaan berbagai jenis terumbu karang dan beragam jenis ikan. Cukup menyenangkan untuk dinikmati dengan snorkeling maupun diving.

Komentar kamu?