Destinasi Wisata Baru di Tapal Batas Indonesia

Ini sudah menjurus ke sana. Saat ini masih dilakukan pengembangan, sehingga nantinya lebih lengkap dan dapat dijadikan destinasi wisata,

305 views
0

WartaWisata.id – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu destinasi wisata baru di wilayah perbatasan Indonesia. Keberadaan PLBN di perbatasan Indonesia- Timor Leste itu  juga diyakini memiliki nilai strategis bagi penduduk setempat.

“Ini sudah menjurus ke sana. Saat ini masih dilakukan pengembangan, sehingga nantinya lebih lengkap dan dapat dijadikan destinasi wisata,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Area II Regional II, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pertanian (Kemenpar) Hendry Noviardi, dalam keterangan tertulisnya (1/7).

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016, PLBN Motaain mengalami perubahan yang signifikan. Sebelumnya PLBN Motaain hanya berupa bangunan biasa  dengan tiang bendera di halaman depan. Namun bangunan tersebut telah berganti rupa menjadi  bangunan yang mengadopsi gaya  rumah tradisional Masyarakat Belu yang megah

Selain bangunannya yang diperbaiki, sejumlah sarana dan prasarana juga ditambahkan. Di antaranya gerbang utama PLBN yang dibuat menggunakan sistem elektrik, untuk memudahkan petugas untuk membuka dan menutup gerbang. Selain itu, jalan raya dari PLBN Motaain menuju ibukota kabupaten sudah bagus dan mulus.

Rencananya di wilayah sekitar PLBN juga akan dibangun terminal terpadu untuk memudahkan akses masyarakat dan wisatawan. Kementerian Pariwasata RI sendiri menargetkan destinasi perbatasan dapat menyumbang 20 persen atau sekitar 3,4 juta wisman dari target total 20 juta wisman tahun 2019.

Komentar kamu?