Keindahan Sunrise Favorit Wisatawan di Punthuk Mongkrong

Candi Borobudur saat ini merupakan tempat menyaksikan keidahan matahari terbit favorit wisatawan. Pemandangan terbuka ke arah timur Borobudur membuat sunrise bisa disaksikan dengan jelas dari sana

734 views
0

WartaWisata.id – Candi Borobudur saat ini merupakan tempat menyaksikan keidahan matahari terbit favorit wisatawan. Pemandangan terbuka ke arah timur Borobudur membuat sunrise bisa disaksikan dengan jelas dari sana.

Namun harga untuk menikmati keindahan matahari terbit dari salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO itu cukup mahal. Wisatawan harus merogoh kocek sekitar Rp 270 ribu untuk bisa menyaksikan sunrise di antara stupa Candi Borobudur.

Mungkin nominal itu cukup memberatkan bagi sebagian orang. Akan tetapi, tenang saja. Masih ada banyak tempat di sekitar Candi Borobudur yang menyajikan pesona panorama matahari terbit. Salah satu tempat itu adalah Punthuk Mongkrong. Lokasi Punthuk Mongkrong ada di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Candi Borobudur hanyalah 8 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam.

Punthuk Mongkrong terletak di sisi timur dari hamparan Pegunungan Menoreh yang berada di tiga kabupaten, yakni Kulon Progo, Magelang, dan Purworejo. Ketinggian obyek wisata ini adalah sekitar 624 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jika melihat ke arah barat, terlihat barisan Pegunungan Menoreh yang berlapis-lapis dan diselimuti pepohonan. Beberapa bagian pegunungan itu ada yang berada di Kabupaten Magelang, sementara sebagial lain masuk Kabupaten Purworejo.

Sementara di arah selatan tampak benteng hijau yang menjulang tinggi. Bukit itu masih merupakan barisan Perbukitan Menoreh dan membatasi Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika cuaca cerah, maka di puncak bukit yang menjulang tinggi sebelah selatan itu tampak beberapa joglo. Itulah Puncak Suroloyo yang merupakan salah satu titik tertinggi Pegunungan Menoreh.

Sunrise menjadi atraksi wisata yang tersaji di Punthuk Mongkrong ini. Hal itu karena sisi timur merupakan hamparan terbuka dari ketinggian. Pemandangan hingga cakrawala terlihat jelas di sini. Jika cuaca cerah, keindahan matahari terbit bisa disaksikan dengan jelas. Tak hanya itu, kemunculan sunrise juga akan ditemani oleh dua gunung yang berdiri bersebelahan, yakni Merapi dan Merbabu.

Harga tiket masuk ke Punthuk Mongkrong hanyalah Rp 10.000 saja. Jika ingin berkunjung, hendaknya tidak memakai motor matic. Itu karena jalan menuju Punthuk Mongkrong cukup menanjak konstan sehingga risiko rem blong rentan terjadi saat perjalanan pulang.

 

Komentar kamu?