Beragam Wajah Indonesia di Jakarnaval 2019

Barisan orang beragam rupa dengan pakaian indah jalan berparade dalam ajang Jakarnaval 2019. Ya, keren sekali barisan parade tampil dengan ragam identintias kedaerahan di Indonesia. Tema acara yang mengusung Wajah Baru Jakarta begitu menonjol.

392 views
0

WartaWisata.ID – Jalanan sepanjang depan Balai Kota Jakarta dan Jalan MH Thamrin, sore hari (30/6/2019) terlihat tak biasa. Barisan orang beragam rupa dengan pakaian indah jalan berparade dalam ajang Jakarnaval 2019. Ya, keren sekali barisan parade tampil dengan ragam identintias kedaerahan di Indonesia. Tema acara yang mengusung Wajah Baru Jakarta begitu menonjol.

Kostum Asli Betawi

Tak kurang dari  5.000 orang peserta mengikuti ajang ini. Budaya Betawi yang ingin diusung dalam ajang Jakarnaval 2019 ini terlihat paling menonjol. Aksi Abang None Jakarta dengan pakaian khas Betawi terlihat cantik di parade ini. Baju pangsi pesilat Betawi, penari Betawi dengan warna-warni kostumnya, baju sadariah, kebaya kerancang, menjadi kostum utama peserta parade.

Ondel-Ondel dan Musik Betawi

Sebanyak 30 pasang ondel-ondel dari Komunitas Ondel-ondel DKI  Jakarta tampil rapi dengan iringan musik Betawi yang asyik didengar. Lalu, ada tanjidor dari grup Putra Mayang Sari, Cijantung, Jakarta Timur yang ikut juga meriahkan event keren ini. Musik gambang kromong Betawi mengalun indah di panggung depan Balai Kota, lagukan syair Betawi memukau.

Corak dan Budaya Sumatera Hingga Papua

Barisan parade reog dari grup Bantarangin Jakarta tampil memukau penonton yang hadir. Aksi salto dari anggota reog di depan Balaikota sungguh menyenangkan untuk dilihat. Terlihat barongsai ikut meriahkan hajatan ini,

Tampak generasi muda berpawai memakai baju pasukan keraton Yogyakarta. Ada pula parade orang berpakaian adat Bima, Padang, Dayak, Papua, Toraja, kuda lumping Jawa, dan penari Jawa. Lainnya memakai busana hasil kreativitas dengan corak Indonesia yang kental. Tampil glamor dengan hiasan aksesori yang atraktif.

Warna India, Arab, Tiongkok, Korea

Bukan hanya itu tampak terlihat parade orang memakai pakaian dari mancanegara. Ada orang Korea yang pawai memainkan alat musik. Pakaian khas India, Tiongkok, Korea dan Arab terlihat dalam ajang ini. Semua lebur dan peserta menebar senyum tunjukkan identitas yang mempesona di Jakarta.

Parade Mobil Hias

Puncak acara adalah parade mobil hias dari beragam elemen di DKI Jakarta. Wajah baru Jakarta ditampilkan di mobil hias dengan tema MRT. Mobil hias dengan rumah Betawi disajikan oleh Unit Pengelola Perkampungan Budaya Kampung Betawi Setubakan. Lainnya, ada mobil hias yang diisi oleh penari dan atraksi musik Betawi. Keren dengan pakaian khas Betawi.

Secara keseluruhan event ini sukses mengangkat budaya Betawi dan budaya lain yang hidup di Indonesia. Pengunjung terlihat sumringah melihat beragam pertunjukkan kesenian yang ditampilkan. Yuk, dukung terus kearifan lokal yang ada di Indonesia.

Komentar kamu?