Datang Ke Pulau Tambelan, Bisa Berenang Bareng Whale Shark

Pulau Tambelan merupakan sebuah pulau tropis di daerah terluar di tanah air. Berada tepat di perairan laut cina selatan ini, terdiri dari pulau-pulau yang ada disekitarnya disebut sebagai Kepulauan Tambelan termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

927 views
0

WartaWisata.id – Kabar gembira bagipara penyelam di Indonesia. Bulan Oktober dan November di  Pulau Tambelan yang ada di Kabupaten Bintan, ada ikan hiu paus datang berenang.

Pulau Tambelan merupakan sebuah pulau tropis di daerah terluar di tanah air. Berada tepat di perairan laut cina selatan ini, terdiri dari pulau-pulau yang ada disekitarnya disebut sebagai Kepulauan Tambelan termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Salah satu nelayan di Tambelan, Riswandi mengatakan pada bulan Oktober dan November merupakan musim hiu paus berenang ke Kecamatan Tambelan setiap tahunnya. Tepatnya di Pulau Pinang dan Pulau Mentebung.

“Hiu ini akan timbul di setiap pulau terkadang sendirian. Terkadang juga berenang secara berkelompok hingga puluhan ekor. Ukurannya mereka besar-besar. Bisa mencapai 5 meter.” ujar Riswandi, Rabu (26/6/2019).

Dikutip dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, Hiu paus (Rhincodon typus) dikenal sebagai hewan terbesar yang masih hidup di dunia, di luar paus. Hiu ini sering dijuluki dengan sebutan whale shark.  Itu karena ukuran pada tubuhnya yang besar dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut untuk memakan plankton dan ikan-ikan jenis teri.

Hiu ini biasanya mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat. Mereka dapat hidup dengan mencapai usia 70 tahun. Hiu paus dipercaya muncul sekitar 60 juta tahun yang lalu dan termasuk jenis yang tidak berbahaya.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan, Wan Rudy Iskandar moment tersebut bisa dijadikan sebuah destinasi atraksi yang luar biasa. Karena tidak semua daerah punya atraksi menyelam bersama hiu paus tersebut.

“Untuk atraksi seperti itu mungkin hanya ada di daerah Bali, Lombok atau NTT. Tentunya ini sangat berpotensi, apabila aksesibilitas mudah dijangkau seperti bandara yang nantinya akan segera jadi.” tutur Wan Rudy.

Jadi, bagi kamu yang ingin merasakan berenang bersama hiu paus, ayo datang ke Tambelan di Bulan Oktober dan November nanti. Siapkan perlengkapan menyelam dan rasakan sensasi langka berenang dengan ikan yang dilindungi ini.

Komentar kamu?