5 Pesona Wisata Yang Berhawa Dingin di Karanganyar

Nah, jika kamu berencana menjadikan Karanganyar sebagai pilihan wisata di dekat Kota Solo, berikut rangkuman destinasi wisata Karangayar yang cukup dingin untuk dikunjungi.

539 views
0

WartaWisata.id – Karanganyar merupakan salah satu kawasan dekat Kota Solo yang terkenal memiliki suhu dingin. Lokasinya yang berada di ketinggian dan berada di lereng Gunung Lawu cocok dikunjungi saat ingin mendinginkan pikiran. Tak hanya suhu dingin, melainkan pemandangan di sekitar Karanganyar juga sangat elok dan asri.

Nah, jika kamu berencana menjadikan Karanganyar sebagai pilihan wisata di dekat Kota Solo, berikut rangkuman destinasi wisata Karangayar yang cukup dingin untuk dikunjungi.

Candi Cetho

Berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini merupakan peninggalan era Kerajaan Majapahit dan bercorak Hindu. Berada di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut otomatis membuat tempat ini sejuk. Selain bersejarah, candi ini cukup unik. Menjadikan Candi Cetho sebagai pilihan wisata Karanganyar adalah pilihan yang tepat. Saat kemari, kamu wajib memakai kain kampuh bercorak hitam putih yang diikatkankan di pinggang. Bentuk-bentuk candi di Komplek ini juga menarik. Nilai artistic dari bangunannya, dipadu dengan alam di sekitarnya, membuat Candi Cetho sangat instagramable dijadikan sebagai lokasi berfoto.

Air Terjun Jumog

Berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini merupakan peninggalan era Kerajaan Majapahit dan bercorak Hindu. Berada di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut otomatis membuat tempat ini sejuk. Selain bersejarah, candi ini cukup unik. Menjadikan Candi Cetho sebagai pilihan wisata Karanganyar adalah pilihan yang tepat.

Saat kemari, kamu wajib memakai kain kampuh bercorak hitam putih yang diikatkankan di pinggang. Bentuk-bentuk candi di Komplek ini juga menarik. Nilai artistic dari bangunannya, dipadu dengan alam di sekitarnya, membuat Candi Cetho sangat instagramable dijadikan sebagai lokasi berfoto

Grojogan Sewu

Lokasi ini merupakan wisata yang ikonik di Karanganyar. Air terjun yang mengalir deras dari ketinggian sekitar 81 meter ini membuatnya dinamai Gerojogan Sewu. Alam di tempat ini masih asri, untuk menuju  ke air terjun, pengunjung diharuskan menuruni anak tangga terlebih dahulu. Anak tangga di Grojogan sewu cukup unik lantaran jumlahnya cukup banyak. Ada yang menyebut anak tangga tersebut berjumlah lebih dari 1.250 anak tangga.

Rumah Atsiri Indonesia

Karanganyar, rasanya patut berbangga, dengan kehadiran Rumah Atsiri Indonesia. Pasalnya, di tempat ini ada cukup banyak spesies tanaman di Indonesia yang menghasilkan minyak atsiri. Ragam tanaman ini ditata dengan cantik dan dirawat dengan baik. Datang ke Rumah Atsiri Indonesia, tak hanya mendapatkan hasil foto yang keren, tapi sekaligus bisa belajar tentang minyak atsiri sekaligus mencicip makanan dan minumannya yang berunsur “atsiri” di restaurannya

Tak hanya itu, datang kemari kamu sekaligus bisa belajar sejarah. Rumah Atsiri dulunya adalah sebuah pabrik. Selesai dibangun pada tahun 1967, dahulu pabrik yang merupakan kerja sama Indonesia-Bulgaria ini mengolah minyak atsiri dari bahan utama serai wangi atau citnorella. Berlokasi di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rumah Atsiri hanya berjarak sekitar 41 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam 15 menit.

Kebun Teh Kemuning

Hijau perkebunan teh yang membentang luas membuat lokasi ini terasa sangat menyejukkan. Udaranya yang sejuk membuat wisatawan yang datang tidak mudah bosan. Lokasi kebun teh ini berada sebelum Candi Cetho. Sehingga sebelum kemari, kamu bisa mampir untuk berfoto-foto. Selain perkebunan teh yang luas, di sekitar tempat ini terdapat beberapa wahana seperti arena untuk river tubing, outbound, serta beberapa kedai teh yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati teh kemuning. Kebun Teh Kemuning berada di Ngargoyoso Karanganyar.

 

Komentar kamu?