5 Pantai Cantik di Nusa Penida Bali

Pantai ini menempati urutan ke-9 dari daftar pantai tercantik di Asia versi CNN Travel. Bahkan, Pantai Kelingking menempati peringkat ke-19 pantai tercantik sedunia versi TripAdvisor. 

543 views
0

WartaWisata.id – Saat ini, Pantai Bali memang yang paling populer terutama di Nusa Penida memiliki keindahan yang luar biasa.

Salah satunya Pantai Kelingking, Pantai ini menempati urutan ke-9 dari daftar pantai tercantik di Asia versi CNN Travel. Bahkan, Pantai Kelingking menempati peringkat ke-19 pantai tercantik sedunia versi TripAdvisor.

Padahal tentu saja, Kelingking bukanlah satu-satunya pantai di pulau eksotis dekat Bali tersebut. Berikut beberapa referensi  pantai lainnya yang bisa masuk list destinasi Kamu.

Angel’s Billabong
Billabong sendiri mempunyai arti genangan air yang terbentuk karena adanya perubahan arus sungai. Keelokan Angel’s Billabong adalah adanya air laut yang terjebak ketika pasang kemudian membentuk kolam-kolam alami yang tersusun secara artistik pada sebuah cekungan.

Airnya yang jernih berwarna biru toska erlihat sangat cantik dikelilingi bebatuan karang bewarna hijau dan kuning keemasan. Kedua sisinya dihiasi oleh karang-karang yang lebih tinggi hasil pahatan alam, membentuk sebuah lorong berkelok. Keunikan cekungan muara sungai yang memukau ini, sesuai dengan namanya yaitu Angel’s Billabong, memberi kesan kolam alami tersembunyi yang mungkin tak dapat ditemukan di tempat lain.

Broken Beach
Pantai ini dikenal oleh wisatawan asing dengan nama Broken Beach. Sementara warga lokal menyebutnya dengan Pasih Uug. Pasih Uug artinya pantai yang rusak.

Pantai ini terkurung di dasar sebuah tebing yang membentuk lingkaran. Ada sebuah rongga besar di salah satu tebingnya yang menghubungkan pantai ini dengan laut lepas di bagian luarnya. Air laut masuk melalui rongga besar ini seolah pantai ini terkurung di dalam sebuah sumur raksasa. Rongga itulah yang mendasari pantai ini disebut Pasih Uug. Meski disebut pantai yang rusak, namun justru pantai ini menawarkan keindahan yang memukau. Bersiaplah terpesona dengan hempasan deburan ombak air laut yang membentur lubang raksasa setinggi 50 meter. Sungguh menakjubkan!

Crystal Bay
Crystal Bay terletak di bagian barat Nusa Penida, tepatnya di Desa Sakti. Garis pantainya tidak terlalu panjang dan belum banyak campur tangan manusia. Diberi nama Crystal Bay lantaran air laut di Pantai Crystal Bay sangat jernih bagaikan kristal.

Pasir putih halusnya diapit oleh dua tanjung yang dihiasi rerumputan hijau dan sebuah karang kecil di tengah, membuat pantai ini menjadi primadona di Nusa Penida. Sebuah pulau karang kecil yang terletak sekitar 50 meter dari bibir pantai menjadi keunikan tersendiri dari Pantai Crystal Bay. Pulau karang yang bernama Batu Mejineng ini merupakan pelindung alami saat terjadi terjangan ombak besar. Desiran suara ombak dan angin laut berpadu dengan indahnya panorama alam Crystal Bay sungguh membuat tentram. Pantai ini tak kalah memukau dengan Pantai Kelingking.

Atuh Beach
Atuh Beach merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Pulau Nusa Penida bagian timur. Untuk menuju Atuh Beach wisatawan harus menyeberang terlebih dahulu dari Pelabuhan Sanur Bali menuju Pelabuhan Banjar Nyuh yang merupakan “pintu masuk’ Pulau Nusa Penida.

Waktu terbaik menyambangi Atuh Beach adalah sekitar pukul 05.30 waktu setempat. Pasalnya Atuh Beach menghadap ke arah timur. Pada jam-jam tersebut pengunjung dapat menikmati matahari terbit dengan latar belakang tebing batu di sekelilingnya. Selain itu, udara pagi akan membuat perjalanan menuruni tangga menuju Atuh Beach akan lebih nyaman. Kawasan Wisata Atuh memiliki gugusan tebing karang yang menyelipkan rasa percaya diri kepada warga untuk menyebutnya sebagai ”Raja Lima”, nama yang dikaitkan dengan Raja Ampat di Papua.

Diamond Beach
Diamond Beach berada dalam satu kawasan dengan Atuh Beach. Sesuai namanya, Diamond Beach menawarkan pemandangan tebing-tebing karst dengan bentuk meruncing menyerupai permata.

Untuk mencapai pantai berpasir putih ini, Kamu harus menuruni sebuah anak tangga yang terbuat dari batu yang telah dilengkapi dengan pagar pengaman. Dibandingkan Atuh Beach, pantai ini masih alami. Belum banyak warung-warung di kawasan pantai ini. Para wisatawan bisa memanfaatkan tangga menuju pantai sebagai spot berfoto dengan latar birunya laut dihiasi tebing batu yang mengagumkan.

Komentar kamu?