5 Kampung Pelangi Unik, Untuk Destinasi Liburan

Ada cukup banyak Kampung Pelangi di Indonesia yang menghadirkan warna-warni lukisan sehingga cocok didatangi oleh kamu utamanya yang gemar berswafoto. Berikut ini rangkuman beberapa kampung pelangi dari berbagai sumber yang ada di Indonesia:

455 views
0

WartaWisata.id – Mengunjungi perkampungan unik bisa menjadi salah satu alternatif liburan. Indonesia memiliki cukup banyak perkampungan unik, baik yang unik karena kearifan lokalnya, juga unik karena kreativitas para warganya. Salah satu kampung wisata unik bentuk dari kreatifitas masyarakat adalah hadirnya warna-warni di kampung yang akrab disebut dengan Kampung Pelangi.

Ada cukup banyak Kampung Pelangi di Indonesia yang menghadirkan warna-warni lukisan sehingga cocok didatangi oleh kamu utamanya yang gemar berswafoto.

Berikut ini rangkuman beberapa kampung pelangi dari berbagai sumber yang ada di Indonesia:

Kampung Pelangi Jodipan, Malang

Kampung warna-warni merupakan sebuah kampung di Kelurahan Jodipan, Kota Malang. Kampung itu berdiri tepat di bantaran Sungai Brantas. Kampung ini bermula dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tengah menjalani praktikum di PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana), sebuah perusahaan cat di Malang, mengubah kampung yang awalnya kumuh itu menjadi warna-warni. Tidak lama setelahnya, sebuah kampung di seberangnya, yakni kampung di Kelurahan Kesatrian juga membangun inovasi yang sama. Kampung itu mengangkat tema Kampung Tridi.

Sejumlah lukisan tiga dimensi tampak menghiasi dinding rumah warga untuk menyambut wisatawan yang datang. Sembari berfoto-foto di Kampung Jodipan, pengunjung juga bisa menjajal melewati jembatan kaca yang dibangun untuk menghubungkan kedua kampung dan membentang di atas Sungai Brantas. Jembatan itu dibangun dengan model jembatan gantung. Berwarna kuning emas dengan panjang 25 meter dan lebar 1,25 meter pada ketinggian 9,5 meter. Jembatan ini bahkan disebut-sebut mirip dengan jembatan kaca di Zhangjiajie, China

Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang awalnya juga merupakan sebuah kampung yang dulunya kumuh. Namun kemudian, kampung ini diubah menjadi kampung yang cantik dengan ragam lukisan yang berwarna-warni. Lokasi Kampung Pelangi Semarang yang sangat strategis tak jauh dari pinggiran jalan raya, membuat akses ke tempat ini sangat mudah. Tak heran jika lokasi ini selalu ramai didatangi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Kampung Pelangi Semarang berdiri di pinggiran sungai , dan berada di wilayah Gunung Brintik. Sehingga jika berkunjung kemari pengunjung harus berjalan naik turun untuk bisa berkeliling ke semua perkampungan. Kampung Pelangi Semarang juga dilengkapi dengan gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan Kota Semarang dari ketinggian.

Kampung Pelangi Lubuklinggau, Sumsel

Ratusan rumah penduduk di Kelurahan Lubuk Linggau Ulu, Kecamatan Lubuk Linggau Barat II, dipermak dengan cat warna-warni dan dihias mural yang kreatif. Tidak hanya rumah, jalan pun dicat beraneka warna. Kampung Pelangi ini salah satu kegiatan ibu-ibu PKK kota Lubuklinggau, Saat peresmian kampung warna warni di wilayah Lubuklinggau Barat ini juga ditandai dengan pengecatan pertama oleh Walikota bersama ketua PKK kota Lubuklinggau Kampung Pelangi Lubuklinggau dulunya merupakan perkampungan kumuh yang bahkan dikenal sebagai Kampung Texas lantaran sering digunakan untuk berjudi. Kini kampung tersebut disulap menjadi kampung yang cantik dan berwarna-warni.

Kampung Warna Warni Telukserbuk, Palembang

Kampung ini berada di gang kecil di Jalan Persatuan RT 3 Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur. Di Kampung itu banyak terdapat lukisan tiga dimensi dengan beragam bentuk.seperti: seperti: terowongan suram menuju laut bikinan Cadio, kedalaman suasana laut lukisan Surya Dharma, gambar sayap malaikat bikinan Chacha, dan lukisan abstrak Sairi. Di tempat ini terdapat di Jalan gang itu sejauh 100 meter, menuju ke dermaga kecil di tepi muara Sungai Manggar di mana tertambat kapal nelayan bercampur dan kapal klotok.

Kampung Pelangi Pangkalan Bun, Kalteng

Kampung Pelangi itu berada di RT 01 dan RT 02 Kelurahan Mendawai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Warga setempat menamai kampung itu dengan sebutan Kampung Sega. Sega artinya cantik atau indah, dalam bahasa sehari-hari orang Pangkalan Bun. Kampung Pelangi, di Mendawai ini, bermula dari Gang Melati. Gang ini cukup besar dibanding gang-gang lain yang menghubungkan jalan raya dan tepi Sungai Arut Pangkalan Bun. Warna-warni mural taman bunga menghiasi tembok bangunan di sisi kiri bibir gang. Aspal jalan pun dicat serupa lantai warna-warni. Mural dengan motif Dayak dan panorama Kalimantan pun dapat dijumpai di rumah-rumah warga yang menghadap ke sungai.

Kampung Pelangi Penas, Jakarta

Kampung ini berlokasi di Kampung Penas Tanggul, di Jalan Pancawarga 30, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Sejak pertengahan Maret 2017, tampilan kampung tersebut mulai berubah. Secara bertahap, rumah-rumah penduduk di sana diperbaiki dan dipercantik dengan sentuhan warna yang berbeda-beda. Yang unik, kampung ini juga menerapkan aturan larangan untuk merokok.

Komentar kamu?