Pesona Bukit Mongkrang di Karanganyar

Memang ada baiknya kamu melakukan pendakian di gunung atau bukit yang mudah terlebih dahulu sebelum mendaki gunung tinggi. Hal itu membuat fisikmu terlatih saat harus menempuh rute pendakian yang panjang

2,018 views
0

WartaWisata – Pendakian tidak melulu harus ke gunung dengan jarak tempuh berjam-jam. Jika Kamu baru pemanasan atau ingin menjajal pendakian, gunung atau bukit dengan waktu tempuh sampai puncak yang singkat bisa menjadi pilihan. Memang ada baiknya kamu melakukan pendakian di gunung atau bukit yang mudah terlebih dahulu sebelum mendaki gunung tinggi. Hal itu membuat fisikmu terlatih saat harus menempuh rute pendakian yang panjang.

Bukit Mongkrang menjadi salah satu tujuan pendakian yang pas bagi Kamu yang baru melatih fisik dan pemanasan atau menjajal sensasi pendakian. Mungkin bagi sebagian orang, nama Mongkrang masih asing. Hal itu wajar karena jalur pendakiannya baru dibuka awal 2019 ini.

Bukit Mongkrang langsung menjadi favorit pendakian begitu dibuka pada awal 2019 silam. Hal itu karena saat baru dibuka, Bukit Mongkrang penuh dengan bunga ilalang yang membuatnya Instagramable. Namun, sekarang bunga ilalang yang merupakan tanaman perintis sudah tidak ada. Bunga itu hanya mekar sekali beberapa bulan setelah kebakaran lahan dan sebelum menjadi ilalang hijau lagi

Daya tarik awal Bukit Mongkrang berupa bunga ilalang memang sudah tidak ada. Namun, hal itu bukan berarti mengurangi keindahan yang tersaji di sana. Bukit Mongkrang tetap menyajikan panorama alam yang begitu indah. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan ke arah utara yang begitu mengagumkan. Tampak di hadapanmu Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Terlihat pula asap belerang yang mengepul dari Kawah Lawu, Candradimuka.

Barisan gunung dimulai dari sisi selatan, yakni Merapi dan Merbabu yang bersebelahan. Di belakang Merbabu, tampak Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl. Ke utara lagi, tampak gunung yang lebih pendek yaitu Telomoyo dengan ketinggian 1.894 mdpl.

Butuh waktu sekitar 1-2 jam perjalanan lagi menuju dari Puncak Candi Mongkrang 1 Menuju Candi Mongkrang 2. Namun, saat ini Puncak Candi Mongkrang 2 belum menjadi tujuan favorit pendakian. Sebagian besar pendaki hanya naik sampai Candi Mongkrang 1 saja. Jika ingin naik sampai Candi Mongkrang 2 atau Jobolarangan, lebih baik jika menggunakan jasa pemandu dari masyarakat desa setempat yang sudah berpengalaman.

Komentar kamu?