Peneliti Singapura Sangat Mengagumi Keindahan Kabupaten Lingga

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga Raja Fahrurrazi, Jumat (21/6) mengatakan, para peneliti ini terdiri dari 8 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing

577 views
0

WartaWisata.id – Sebanyak 9 peneliti dari National University of Singapore (NUS) mengunjungi Kabupaten Lingga,Kepulauan Riau, pada 18-19 Juni 2019 lalu. Salah satu tempat yang mereka sambangi  adalah  Gunung Daik.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga Raja Fahrurrazi, Jumat (21/6)  mengatakan, para peneliti ini terdiri dari 8 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing. Mereka berasal dari 4 negara yaitu Jerman, Amerika, India, dan Singapura.

“Tujuan Kedatangan mereka melakukan pendakian Gunung Daik sekaligus melakukan penelitian satwa burung yang ada di Pulau Lingga dan dikawal langsung oleh tim guide dari Organisasi Petualang Alam Bebas Daik Lingga (PERPETUAL),” ujar Fahrurrazi.

Para peneliti ini, lanjut Fahrurrazi, tak henti-hentinya mengungkapkan kekaguman mereka terhadap kondisi alam Lingga selama perjalanan. Menurut mereka,  kondisi alam di Gunung Daik begitu terjaga. Medan pendakiannya pun tidak ekstrem namun cukup menantang.

Meski cuaca kurang mendukung, tetapi mereka cukup puas dan senang selama pendakian Gunung Daik. Selain itu mereka juga melakukan penelitian di wilayah wisata Air Terjun Resun, serta Kawasan Pintu Gerbang Pendakian Bukit Permata di Desa Panggak Darat.

Bukan hanya pesona alam, para peneliti ini pun menikmati setiap detail pesona Pulau Lingga. Dari mulai keramah tamahan penduduk, hingga lezatnya kuliner tradisional Lingga. Bahkan mereka mempunyai rencana untuk bisa datang kembali ke Lingga untuk penelitian kedua kalinya.

Fahrurrazi berharap, kedatangan mereka dapat mempromosikan pariwisata Lingga lebih luas lagi. “Kedepan, mudah-mudahan segala bentuk perizinan dan kerjasama antar negara dapat di bantu dan di fasilitasi dispar provinsi dan kementerian Pariwisata (Kemenpar).   Kami juga berharap adanya pelatihan dan bimbingan terhadap pemuda Lingga agar dapat melayani mereka secara optimal,” pungkasnya.

Komentar kamu?