Teluk Jailolo, Kemeriahan Festival dan Keindahan Alam Tiada Tara

Teluk Jailolo menjadi tuan rumah dari salah satu festival terbaik di Indonesia. Keindahan alam dan kemeriahan Festival Teluk Jailolo menjadikan lokasi di timur Indonesia selalu dipenuhi wisatawan.

786 views
0

WartaWisata.ID – Teluk Jailolo berhadapan langsung dengan Pulau Ternate. Namun, posisinya ada di Pulau Halmahera bagian barat, Maluku Utara. Teluk Jailolo merupakan sebuah teluk yang sangat luas dengan kehidupan biota lautnya yang demikian kaya. Puluhan lokasi penyelaman dengan air yang jernih dan aneka terumbu karang selalu dikagumi oleh para penyelam. Nelayan dilarang merusak terumbu  karang. Karangnya pun tidak boleh dijadikan bahan bangunan.

Menghampiri Kota Jailolo lewat laut, pemandangan yang paling mengagumkan adalah Gunung Api Jailolo (1.030 mdpl). Di dekat pelabuhan feri, kalian bisa melihat Masjid Raya Sigi Lamo Jailolo berwarna merah putih yang menarik amat perhatian.

Selain pemandangan yang amat indah, banyak wisatawan yang datang ke Jailolo karena ada Festival Teluk Jailolo. Festival ini sudah diadakan sejak 2009 yang digelar secara akbar dan meriah. Tak hanya wisatawan dari daerah dan negara lain, Festival Teluk Jailolo juga dinantikan masyarakat lokal yang terdiri dari 7 kelompok suku bangsa. Penduduk Halmahera Barat dan sekitarnya terpusat  perhatiannya selama satu  minggu pada Festival Teluk Jaiolo. Festival ini meraih berbagai penghargaan, di antaranya sebagai salah satu dari 30 festival tahunan terbaik di Indonesia.

Pagelaran seni musik, tarian tradisional maupun kontemporer silih berganti ditampilkan sepanjang hari sampai malam. Seniman dari negara sahabat juga ikut memperkenalkan seni dan budaya mereka. Lokasi festival tidak hanya di adakan di panggung. Kemeriahan juga dirasakan di beberapa desa yang menggelar pesta seni dan budaya. Lomba permainan tradisional untuk anak-anak dan dewasa juga digelar.

Ada tarian dan tradisi upacara penyambutan tamu yang dipentaskan dengan meriah. Upacara Tabur Bunga di Teluk Jailolo juga tak lupa dilakukan. Upacara ini melibatkan keluarga Kesultanan Jailolo dan berlangsung khidmat untuk untuk menunjukkan keagungan dan kebesaran pengaruh Sultan Jailolo.

Tamu undangan diajak berkeliling ke berbagai kawasan wisata andalan Kota Jailolo. Mereka diajak mengunjungi kawasan wisata laut dan Pantai Loloda yang indah. Salah satu kawasan wisata andalan di utara Kabupaten Halmahera Barat adalah pulau-pulau kecil, air terjun yang  langsung tumpah ke laut. Sungguh pemandangan yang memesona. Perjalanan juga dilakukan dengan berperahu di diantara kerimbunan hutan bakau nan asri.

Teluk Jailolo dengan pergelaran festival seni dan budayanya merupakan salah satu tujuan wisata menarik di timur Indonesia. Keindahan juga akan kalian temui ketika melihat pantai berpasir putih yang hampir semuanya menghadap ke barat. Menjelang senja, langit di atas cakrawala menampilkan lukisan alam tiga dimenasi yang senantiasa berubah-ubah dan memesona siapapun juga yang datang ke Teluk Jailolo.

Bagi fotografer pemburu matahari terbenam, semua pantai di seputar Teluk Jailolo menyajikan aneka warna memesona. Latar depan menyajikan jutaan pohon yang nyiur melambah. Di belakangnya ada gunung api aktif yaitu Gunung Ibu, Gunung Gamkonora, Gunung Dukono serta Gunung Jailolo dengan kalderanya yang mampu menggugah perasaan orang yang melihatnya.

Komentar kamu?