Pesta Kesenian Bali 2019 Lebih Ramah Lingkungan

Pesta Kesenian Bali 2019 dijdwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang hadir bersama istri, anak, dan cucunya.

423 views
0

WartaWisata.ID – Perhelatan Pesta Kesenian Bali 2019 tinggal menunggu hitungan hari. Stan-stan dan dekorasi yang dikerjakan oleh UPT Taman Budaya Provinsi Bali untuk mendukung Pesta Kesenian Bali ke-41 ini sudah hampir rampung.

Seperti sudah diketahui, saat ini beberapa titik pariwisata di Bali kerap kali menjadi sorotan, lantaran banyak dipenuhi sampah plastik. Misalnya saja di sekitar Tanjung Benoa, bau tidak sedap kerap kali datang dari tumpukan sampah. Belum lagi di pantai-pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, tidak sedikit sampah khususnya sampah plastik yang mencemari laut.

Untuk mendukung upaya ramah lingkungan, Pesta Kesenian Bali (PKB) pun dirancang dan didekorasi tanpa menggunakan bahan plastik sekali pakai. Bahan yang digunakan adalah bahan alami seperti bambu, daun enau, janur, dan berbagai jenis bunga.

Tidak hanya itu, selama pelaksanaan Pesta Kesenian Bali 2019 ini, pengunjung dan pedagang di stan pun dilarang menggunakan plastik sekali pakai, seperti kantong plastik, sedotan plastik, dan sterofoam.

Upaya ini sekaligus untuk mendukung gerakan Bali bebas dari sampah plastik. Ini juga sesuai dengan Peraturan Daerah pemerintah Bali, tentang pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Lewat gerakan ini diharapkan masyarakat dapat lebih sadar dan peduli dalam bijak menggunakan plastik, khusus nya plastik sekali pakai.

Adapun, gelaran kesenian termegah di Bali tersebut,  kali ini mengusung tema “Bayu Pramana” yang mempunyai makna memuliakan sumber mata angin.

Pesta Kesenian Bali 2019 dijdwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang hadir bersama istri, anak, dan cucunya. Presiden dijadwalkan akan melepas pawai Pesta Kesenian Bali pada hari Sabtu (15/6) pukul 14.00 WITA, di depan monumen perjuangan rakyat Bali, Niti Mandala, Denpasar.

Kedatangan Presiden sekaligus melakukan peresmian pembukaan PKB 2019 di gedung Ardha Candra Taman Budaya Bali pada malam harinya pukul 20.00 WITA. Acara akan dimeriahkan oleh pementasan sendratari kolosal “Bali Padma Bhuwana” Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Pesta Kesenian Bali 2019 ini akan berlangsung dari 15 Juni-13 Juli 2019, memiliki berbagai macam pertunjukan dan lomba, seperti seni tari, karnaval, teater, serta pertunjukan musik. Sebanyak 6.000 seniman-seniwati yang berasal dari sanggar-sangar di Badung akan tampil dalam pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-41.

Lewat ajang Pesta Kesenian Bali ini diharapkan masyarakat dapat melestarikan dan mengembangankan potensi seni budaya Bali, juga menjadi wadah bagi para seniman untuk berekspresi dan berkarya serta menciptakan bibit-bibit seniman muda untuk menjadi generasi penerus budaya Bali.

Komentar kamu?