Pantai Parangtritis yang Wajib dikunjungi di Yogyakarta

Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.

359 views
0

WartaWisata.ID Pantai Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Bantul. Bahkan pantai ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bila kalian mengunjungi Yogyakarta.

Terletak sekitar 27 Km dari Kota Yogya, pantai ini dibuka setiap hari dari pagi sampai sore.

Pantai ini memiliki mitos yang terkenal yaitu Nyi Roro Kidul. Menurut mitos yang beredar dia adalah sosok wanita cantik jelmaan mahluk halus penguasa Samudera Hindia, dia selalu memakai pakaian berwarna hijau, maka banyak orang percaya jika ada orang memakai baju warna hijau di pantai ini bisa terseret ombak di bawa ke kerajaan mahluk halus.

Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.

Di balik panorama alamnya yang memukau, Pantai Parangtritis menyimpan potensi bahaya. Kalian disarankan berhati-hati, karena Parangtritis sebenarnya memiliki semacam palung atau cekungan. Hal ini dapat membahayakan pengunjung dengan resiko tenggelam atau terseret ombak. Sebaiknya Teman Traveler tidak berenang terlalu jauh ketika mengunjungi Parangtritis.

Ada beberapa tips aman bermain di Parangtritis yang bisa kalian praktekkan. Pertama tentu saja selalu mendengarkan saran atau pengumuman dari petugas pantai. Mereka-lah yang paling tahu soal kondisi terkini arus laut dan situasi terbaik untuk para pengunjung.

Berikutnya, perhatikan rambu-rambu dan larangan yang ada. Jangan sampai masuk ke zona yang sebenarnya sudah dilarang dikunjungi. Selain itu perhatikan pula waktu kunjungan, bulan Juni-Juli adalah masa peralihan antara musim pasang dan surut. Dan juga berhati-hati juga bahaya dari ubur-ubur yang beracun.

Itulah tentang Pantai Parangtritis beserta tips aman bermain di sana. Menikmati keindahan sebuah destinasi boleh-boleh saja, tapi jangan lupa untuk tetap hati-hati dan menjaga kewaspadaan.

Komentar kamu?