Bekas Pabrik Gula ini Diruba Menjadi Rest Area Instagramable

Tempat istirahat para pelaju di ruas jalan tol antara Brebes dan Pemalang berbeda dengan yang lain. Memanfaatkan bangunan bekas pabrik gula zaman Belanda menjadikannya unik plus instagramable.

273 views
0

WartaWisata.id – Balik mudik melewati Tol Trans Jawa? Kalau begitu pasti banyak yang mampir sejenak di rest area KM 260 B. Tempat istirahat para pelaju di ruas jalan tol antara Brebes dan Pemalang berbeda dengan yang lain. Memanfaatkan bangunan bekas pabrik gula zaman Belanda menjadikannya unik plus instagramable.

Rest area ini sejatinya dahulu adalah sebuah pabrik gula bernama Banjaratma. Bangunan ini sudah ada sejak 1908 saat zaman Belanda dan saat ini berstatus cagar budaya. Pabrik gula mengalami kejayaannya pada zaman Belanda dan beroperasi selama hampir 1 abad. Pada tahun 1997 pabrik itu terpaksa tutup lantar  biaya operasionalnya tak sebanding dengan pendapatan.

Meski sudah tua, namun bangunan tersebut tampak masih kokoh. Hal itu memancing inisiatif BUMN untuk memanfaatkannya  menjadi rest area yang bernuansa Belanda.

Dinding telanjang tanpa plester semen memperlihatkan susunan bata merah yang membentuknya.  Disain khas kolonial membuat pengjunjung serasa mengunjungi museum. Ada nuansa masa lampau yang menyeruak dari celah-celah dinding tua itu.

Pengelola melindungi sekaligus memperkuat bangunan itu dengan struktur besi lengkap dengan atap yang tinggi. Hal itu menjadikan hawa di dalam terasa sejuk.

Sebuah struktur yang tersusun dari bata merah berdiri di tengah-tengah bangunan pabrik. Bentuknya adalah sebuah dinding tebal dengan tinggi kuran lebih 3 meter dengan lorong-lorong pendek melengkung di bagian bawahnya.

Sementara beberapa lapak penjual makanan dan oleh-oleh diatur berjejer mengitari struktur aneh itu.  Ada 64 stan UMKM yang berusaha di rest area ini.

Area parkir yang dimiliki oleh rest area bernuansa lawas ini sangat luas. Sementara di sisi kiri bangunan ada sebuah lokomotif tua yang bisa dijadikan latar foto yang menarik.

Sebagi rest area dengan tipe A ini, memiliki fasilitas yang lengkap seperti SPBU, toilet, masjid, ATM center, spot instagramabel, klinik kesehatan, tempat oleh-oleh, kulineran, bengkel dan area parkir yang luas.

Komentar kamu?