5 Keistimewaan yang Dimiliki Maumere, Selain Tariannya

Banyak hal unik yang akan kamu temukan di sana, berikut rangkuman dari berbagai sumber : 

198 views
0

WartaWisata.id — Berkunjung ke Maumere, tentu traveler sudah menanti pertunjukkan tariannya. Namun ternyata tak hanya itu lho keistimewaan yang dimiliki Maumere.

Banyak hal unik yang akan kamu temukan di sana, berikut rangkuman dari berbagai sumber :

1 Menjumpai makam di depan rumah

Saat melintasi sebuah perkampungan warga, kamu akan melihat makam-makam di depan rumah mereka. Hal ini ditandai dengan adanya sejumlah batu nisan di depan rumah atau di halaman rumah mereka.

Masyarakat Maumere memang sangat menghormati anggota keluarga mereka yang telah meninggal dunia. Salah satu bentuk penghormatannya adalah memakamkan anggota keluarga di depan atau di samping rumah, bukan di pemakaman umum.

2 Harga sebuah gading lebih mahal daripada emas

Di Maumere gading merupakan benda berharga. Pada zaman dahulu, gading merupakan mahar yang harus dipenuhi oleh calon mempelai pria.

Bila calon mempelai pria tidak dapat menyanggupinya, maka pernikahan tidak dapat terlaksana. Namun sekarang, gading sangat sulit didapatkan, dan mahar pun digantikan dengan hewan ternak seperti kuda, atau sapi.

Uniknya gading justru dijual dalam bentuk perhiasan. Harga perhiasan gading di Mauere lebih mahal dari pada emas, bahkan memiliki nilai jual di pegadaian. Banyak masyarakat Maumere yang justru menyimpan gading sebagai bentuk investasi, karena harganya yang relatif stabil dari emas.

3 Pawai ala angkutan umum

Kamu tidak akan merasa sepi jika melintasi jalanan di Maumere, pasalnya kamu akan mendengar dentuman kencang sebuah lagu. Suara dentuman itu berasal dari angkutan umum yang sedang mencari penumpang.

Semakin kencang lagunya maka semakin banyak penumpang yang ingin naik. Hal ini menandakan bahwa penduduk Maumere memang sangat akrab dengan musik dan tarian. Hampir di setiap acara besar, pasti ada musik dan akan ada kesempatan di mana para tamu diajak menari .

4 Buah jambu mete tumbuh liar di sepanjang jalan

Di Maumere kamu tidak akan kesulitan mencari jambu mete atau jambu monyet. Pasalnya jambu mete tumbuh subur di Maumere. Akibat melimpahnya buah ini, penduduk justru menggunakannya untuk pakan ternak babi. Sedangkan bijinya, diolah untuk selanjutnya dijual ke pasar.

5 Buah kenitu, sawonya Maumere

Selain jambu monyet kamu juga bisa menemukan buah Kenitu. Di Maumere, buah ini berubah nama menjadi buah sawo. Buah yang banyak ditemukan di sekitaran Jawa Timur ini juga banyak kamu temukan di Maumere.

Dari penampilan luar, buah ini jelas sekali terlihat berbeda dengan buah sawo. Hanya saja rasanya memang hampir sama.Bila ingin mengunjungi Maumere, usahakan untuk datang di bulan Januari sampai dengan April, karena hamparan perbukitan di Maumere berwarna kehijauan.

Untuk penginapan kamu juga tidak perlu khawatir, Di Maumere sudah banyak sekali pilihan hotel yang tersedia di pusat kota, dengan kisaran harga yang relatif murah.

Komentar kamu?