Wisata Pegunungan yang Indah di Brebes

Agrowisata Kebun Teh Kaligua adalah pilihan cocok untuk liburan keluarga. Selain berpemandangan alam yang indah juga hawa sejuk, ada beberapa wahana permainan yang bisa menguji adrenalin.

315 views
0

Wartawisata.id – Libur lebaran telah menyapa. Anda mudik ke Brebes atau di sekitarnya bisa mengunjungi destinasi wisata alam yang segar ini. Agrowisata Kebun Teh Kaligua adalah pilihan cocok untuk liburan keluarga. Selain berpemandangan alam yang indah juga hawa sejuk, ada beberapa wahana permainan yang bisa menguji adrenalin.

Agrowisata Kebun Teh Kaligua berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan Brebes, Jawa Tengah. Merupakan salah satu perkebunan teh peninggalan penjajahan kolonial Belanda yang masih ada hingga kini. Kini, wilayah itu merupakan milik PTPN IX dan dulu didirikan pada tahun 1889 oleh Cultur Onderneming dari Belanda. Untuk perwakilan Indonesia ditunjuk Fan Jhon Pletau co, dan dikelola oleh seorang pengusaha bernama Van De Joeng (baca Van Di Yong).

Lokasinya 20 kilometer sebelah timur Bumiayu atau 15 km dari pertigaan Kaligua, dekat Flyover Kretek. Kawasan ini memiliki ketinggian bervariasi antara 1.500 mdpl sampai 2.050 mdpl dan bersuhu antara empat sampai 20 derajat celcius. Untuk menuju ke kawasan ini, dari arah utara bisa melalui jalur Tegal-Purwokerto. Sesampainya di pertigaan Kaligua, dekat Flyover Kretek beloklah ke kanan dengan menempuh jarak sekitar 15 km.

Menikmati pemandangan Kebun Teh seluas 600 hektare ini bisa menggunakan mobil sewaan. Dengan mobil wisata ini, wisatawan bisa puas berkeliling menyusuri seluruh areal perkebunan. Disamping menikmati indahnya kawasan kebun teh, wisatawan juga berkesempatan melihat dari dekat proses pembuatan teh hitam khas Kaligua. Prosesnya mulai dari pelayuan daun, penggilingan, sampai proses akhir, dan bisa pula menikmati langsung kesegarannya.

Ada beberapa obyek wisata lain di kawasan kebun teh ini yang bisa dikunjungi. Ada Gua Jepang, Gua Barat dan Tuk Bening di sana. Di Tuk Bening, pengunjung bisa menikmati segarnya Air Tuk Pitu. Menager Wisata Agro PTPN IX Kebun Kaligua, Marjono menjelaskan, ada juga penginapan berupa vila-vila di kawasan kebun. Harga yang dipatok untuk tamu menginap bervariasi tergantung jenis vilanya.

“Selain menawarkan keindahan alam pegunungan, Agrowisata Kebun Teh Kaligua juga menyediakan fasilitas seperti penginapan, gedung pertemuan, area camping ground dan juga lapangan sepak bola. Bagi yang suka tantangan bisa mencoba flyng fox dan paralayang,” ujar Marjono, baru-baru ini.

Perkiraannya, rata-rata pengunjung setiap tahun naik 10 persen. Para pengunjung umumnya tertarik dengan wisata air dan alam yang ada di Agrowisata Kebun Teh Kaligua.

Komentar kamu?