Gak Mudik? Kunjungi Enam Tempat Wisata Keren di Jakarta

Jakarta juga gudangnya tempat wisata. Jadi tak ada alasan untuk merasa bosan saat memutuskan tak mudik. Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi libur lebaran kamu. Apa saja? Berikut enam di antaranya

107 views
0

Wartawisata.id – Memilih tak mudik dan tetap tinggal di Ibukota saat lebaran juga seru. Sebab, ini adalah momen terbaik menikmati Jakarta. Lalu lintas yang lengang membuat akses ke mana pun menjadi lebih mudah dan cepat.

Jakarta juga gudangnya tempat wisata. Jadi tak ada alasan untuk merasa bosan saat memutuskan tak mudik. Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi libur lebaran kamu. Apa saja? Berikut enam di antaranya

Kota tua

Kota Tua merupakan aset Jakarta Barat yang terus dipromosikan sebagai destinasi wisata. Daerah ini memiliki bangunan-bangunan yang berarsitektur kolonial. Kota Tua merepresentasikan Batavia yang dahulu merupakan ibu kota Hindia Belkamu dan pusat pemerintahan VOC.

Di Kota Tua, kamu bisa menelusuri setiap jalan-jalan yang ada sambil menikmati keindahan dan kekhasan arsitektur Belkamu. Kamu akan dibawa ke masa silam dan mirip dengan kota di Eropa. Disarankan untuk menggunakan sepeda ketika mengelilingi kawasan ini.

Glodok Chinatown

Di setiap kota niaga selalu ada pemukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa. Daerah ini biasa disebut Chinatown. Jakarta memiliki tempat yang sama seperti kota-kota lain di Indonesia. Chinatown di Jakarta adalah Glodok. Sebagai salah satu tempat rekreasi di Jakarta Barat, Glodok terkenal sebagai pusat penjualan elektronik dan komputer. Kamu bisa mendapatkan harga yang cukup miring. Selain itu, terdapat bangunan tua yang masih berdiri kokoh sejak abad ke-19.

Hal yang unik lainnya dari kawasan Glodok Chinatown ialah masih adanya penghitungan dengan sempoa. Selain itu, lokasi wisata ini juga dikenal dengan wisata kuliner Jakarta Barat. Bagaimana tidak, kamu bisa temukan banyak gerobak makanan menjajakan jualannya.

Monas

Hayo selama tinggal di Jakarta, sudah berapa kali ke Monas? Jika ingin menikmati suasana Monas yang lebih sepi dari waktu biasa, sekaranglah saatnya. Monas adalah salah satu ikon wisata Jakarta dan Indonesia yang sudah dikenal dunia. Tugu setinggi 132 meter ini didirikan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia melawan pemerintah kolonial Belkamu. Di sini kamu bisa melakukan banyak hal seperti belajar sejarah dari diorama-diorama yang menceritakan besarnya upaya rakyat Nusantara merenggut kemerdekaan dari para penjajah, melihat-lihat pemkamungan kota Jakarta dari puncak Monas, hingga berselfie ria.

Kamu pun bisa manfaatkan area lapangan Monas sebagai tempat bermain dan berolahraga. Monas memang selalu menjadi pilihan warga berwisata. Saat sore atau akhir pekan tiba, kamu akan temukan banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, basket, atau futsal di sana.

Gereja Sion

Selain kawasan kota tua, Gereja Sion juga bisa dikunjungi buat kamu yang menyukai wisata heritage. Gereja Sion atau dikenal juga dengan Gereja Portugis merupakan sebuah bangunan gereja kuno. Tidak heran jika arsitekturnya pun masih arsitektur lama yang kokoh dan juga megah. Gereja yang satu ini bisa menjadi pilihan objek wisata yang ada di Jakarta Barat. Selain lakukan wisata religi, kamu pun bisa melihat bagaimana indahnya bangunan gereja kuno tersebut. Sampai saat ini, gereja masih digunakan sebagai fungsi awalnya sebagai tempat ibadah. Hal ini sangat berbeda dengan banguanan yang ada di sekitar gereja yang telah beralih fungsi. Memiliki kapasitas 1.000 orang, Gereja Sion tentu saja bisa menjadi salah satu tempat wisata unik dan jangan sampai terlewatkan yang ada di daerah Jakarta Barat. Sekedar informasi, angka yang ada di atas pintu gereja menunjukkan umur dari Gereja Portugis tersebut.

Ancol

Destinasi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Beragam keseruan dapat ditemukan di destinasi ini. Dari mulai wisata bahari sampai wisata edukasi ada disini. Ancol memang selalu menjadi destinasi pilihan.

Terlebih lagi, di sini juga ada Dunia Fantasi. Wahana yang tersedia di Dufan cukup bermacam-macam dan penamaannya pun disesuaikan dengan tema tempat tertentu. Permainan juga banyak dan pasti menyenangkan.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal dengan TMII adalah kawasan wisata keluarga yang wajib di kunjungi saat liburan tiba. Sebab, wahana rekreasi lengkap tersedia di sini. Selain itu, fasilitas yang ada di sana pun bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Komentar kamu?