Wisata Ajaib “Blue Fire” di Kawah Ijen

Blue Fire itu sendiri adalah pemandangan api biru dari belerang di Kawah Ijen yang konon katanya hanya ada 2 di dunia. Blue Fire ini hanya bisa dilihat saat hari sedang gelap, alias malam hari. Waktu pendakian dari Pos Paltuding kurang lebih 3-4 jam.

147 views
0

WartaWisata.ID Kawah Ijen adalah sebuah kawah dari Gunung Ijen yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kawah ini memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan luas sekitar 5.466 hektar.

Wisata ini ramai dibicarakan di sosial media dan masih menjadi favorit para traveler, karena Kawah Ijen memiliki salah satu keajaiban alam dunia karena memiliki api biru (blue fire) nan cantik.

Blue Fire itu sendiri adalah pemandangan api biru dari belerang di Kawah Ijen yang konon katanya hanya ada 2 di dunia. Blue Fire ini hanya bisa dilihat saat hari sedang gelap, alias malam hari. Waktu pendakian dari Pos Paltuding kurang lebih 3-4 jam.

Hal inilah sisi unik dari Gunung Ijen, dimana wisatawan yang ingin melihat Blue Fire harus mendaki mulai tengah malam agar tidak kehilangan pemandangan tersebut.

Kawasan Ijen seringkali ditutup karena kandungan belerang yang terlalu tinggi yang dapat membahayakan para traveler maupun penambang di kawasan tersebut. Kawasan Ijen dapat sewaktu-waktu ditutup ketika kamu bahkan sudah sampai di sana.

Untuk menghindari asap beracun yang sewaktu-waktu dapat menghampiri, para pengunjung disarankan untuk menggunakan masker yang dilengkapi dengan penyaring udara. Biasanya masker tersebut bisa kamu sewa saat di pos atau sudah disediakan oleh pemandu jika kamu menyewa pemandu wisata.

Selain kita dapat bertravel Di sini kamu bisa berguru dari para penambang belerang. jika tak sedang sibuk, mereka tak sungkan untuk berbagi cerita, mulai dari turis yang menyebalkan, cerita hidup mereka yang setiap hari bertaruh nyawa, atau yang menyenangkan, mendengar mereka bercakap dalam bahasa lokal.

Para penambang belerang sering memikul belerang mencapai 80 hingga 100 kg. Kadang, penambang-penambang yang masih merasa kuat staminanya mampu mengangkat beban yang lebih berat daripada itu.

Bagi kamu yang ingin traveling ke sana, maka kamu akan menemukan pemandangan spektakuler kombinasi antara danau kawah ijen yang berwarna tosca, panjangnya jalur pendakian, dan pemandangan asap belerang yang selalu mengepul ke langit.

Foto-foto dengan latar belakang kawah ijen dan asap belerangnya sangat instagramable dan menjadi menu wajib yang harus kamu lakukan jika berkunjung ke sana.

Komentar kamu?